Mohon tunggu...
matari mulyani
matari mulyani Mohon Tunggu... -

MAHASISWA ILMU KOMUNIKASI UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA

Selanjutnya

Tutup

Travel Story

Panorama Batu Baginda, Pulau Belitung..

21 September 2012   03:20 Diperbarui: 25 Juni 2015   00:06 1731 0 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Saya adalah anak asli Belitung. Saya ingin mengajak anda untuk melihat satu tempat wisata yang tidak pernah anda lihat sebelumnya. Ini adalah salah satu keindahan alam yang saya yakin anda belum pernah temukan di Indonesia. Ya, ini adalah Batu Baginda. Keindahan Batu Baginda ini mampu menyita perhatian siapapun yang melihatnya. Batu Baginda berada di pulau Belitung tepatnya di desa Membalong, Belitung. Untuk menuju ke tempat wisata ini, anda bisa menggunakan kendaraan roda dua dan roda 4. Karena untuk menuju ke tempat tersebut tidak memerlukan waktu yang lama. Selama perjalan ke sana anda akan di hipnotis dengan pemandangan hutan hijau tropis dan sering kali di selingi dengan panorama pantai-pantai berpasing putih dan air laut yang biru jernih. Dan saya yakin selama perjalanan anda menuju Batu Baginda, akan mengesankan. Sesampainya anda di Batu Baginda, anda tidak akan langsung bisa naik ke atas dengan menggunakan mobil atau motor, karena jalan yang di lalui bukan jalan yang sudah di aspal, melainkan bukit yang sedikit juram sehingga kita harus berjalan kaki untuk sampai ke Batu Baginda tersebut. sesampainya di puncak bukit, kita bisa langsung memanjat menaiki batu tersebut. Tetapi kita tidak bisa naik dengan begitu saja karena posisi batu yang agak miring dan begitu tinggi, kita harus menaiki batu tersebut dengan menggunakan tali yang sudah di pasang oleh masyarakat setempat untuk mempermudah kita menaikinya. Karena tanpa tali tersebut, kita tidak akan bisa naik ke atas batu tersebut.

13481971041475563284
13481971041475563284

Sesampainya anda di atas batu tersebut, anda langsung di sambut dengan tiupan angin lembut yang seolah-olah mengucapkan selamat datang pada anda dengan halusnya. Hijaunya hutan-hutan dibawah bukit tersebut turut menghijaukan pandangan mata kita. Hamparan air laut dari kejauhan yang seolah sengaja di letakan di batas daratan dari kejauhan yang mampu membuat mata terkagum-kagum akan keindahan pesona alam Indonesia. Anda bisa melihat sunrise dengan lembutnya perlahan demi perlahan menyinari dunia dan mengajak kita melihat betapa indahnya pulau kecil ini. Begitu pula jika anda pergi di sore hari, anda bisa melihat sunset yang begitu indah. Ini adalah tempat yang sangat menarik untuk dikunjungi bagi anda yang menyukai berpariwisata.

1348197179849098421
1348197179849098421

Sedikit cerita tentang Batu Baginda ini, menurut masyarakat setempat batu ini adalah batu yang di anggap agak mistis. Karena mereka sering pergi ke sana untuk melakukan ritual khusus guna memenuhi nadzar mereka atau sesuatu yang mereka inginkan. Menurut masyarakat setempat, ada beberapa pantangan-pantangan yang tidak boleh dilakukan, yaitu kita dilarang berbicara yang tidak-tidak atau berbicara yang kotor, berbuat yang tidak senonoh dan lain sebagainya yang kita sadari dan kita ketahui, bahwa perbuatan ang kita lakukan dan perkataan yang kita ucapkan tersebut dapat membuat penunggu tempat tersebut tidak senang sehingga terjadi hal-hal yang tidak kita inginkan. Kemudian hal yang paling dilarang jika kita pergi ke tempat ini menurut masyarakat setempat adalah ketika wanita berada didalam keadaan tidak bersih/kotor atau sedang dalam masa haid, maka wanita tersebut tidak di perkenankan untuk naik ke atas batu tersebut. karena masyarakat setempat beranggapan bahwa batu tersebut mempunyai nilai mistis yang sangat kental. Apabila wanita tersebut naik dan dia sudah tau sebelumnya tentang cerita masyarakat setempat tentang batu tersebut, maka tidak jarang wanita tersebut kerasukan mahluk halus apaun itu bentuk nya. Namun itu hanya pandangan masyarakat sekitar yang masih percaya dengan hal-hal yang berbau mistis. Semua itu tergantung kekuatan iman masing- masing. Ya intinya kita hanya datang untuk berkunjung menikmati pemanandangan alam, bukan untuk berbuat yang tidak-tidak yang sekiranya mengganggu penunggu tempat tersebut. Selamat berkunjung yaaa..

Mohon tunggu...

Lihat Konten Travel Story Selengkapnya
Lihat Travel Story Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan