Mohon tunggu...
Politik

Banyak Serangan di Dunia Maya, Yusril Usulkan Bentuk Tim Hukum Siber

15 Desember 2018   14:47 Diperbarui: 15 Desember 2018   15:04 196 0 0 Mohon Tunggu...


Masifnya informasi hoaks dan fitnah di media sosial pada masa kampanye tak bisa dipungkiri. Hal ini yang perlu diantisipasi oleh kandidat pemimpin, termasuk pasangan capres-cawapres nomor urut 01 Jokowi - Ma'ruf.

Menanggapi itu, Yusril Ihza Mahendra yang menjadi penasihat hukum Jokowi-Ma'ruf mengusulkan Direktorat Hukum dan Advokasi Tim Kampanye Nasional (TKN) untuk membentuk tim untuk menangani hukum siber.

Menurut Yusril, tim ini diperlukan karena di dunia maya banyak potensi serangan, seperti hate speech, dan fitnah. Mau tidak mau, serangan ini harus diantisipasi.

Tim ini, menurut Yusril, nantinya diharapkan dapat mengambil langkah hukum dengan tepat dan mengacu pada hukum digital karena berkenaan dengan pelanggaran dunia maya.

Selain itu, Yusril juga menjelaskan bahwa potensi masalah hukum yang kemungkinan besar muncul dalam pilpres adalah perselisihan hasil menyangkut penghitungan suara. Hal ini yang menurut dia perlu diantisipasi juga.

Kini Yusril sudah mulai bekerja. Sebagai ahli tata negara daan lawyer berpengalaman, kemampuannya tak diragukan lagi. Inilah yang akan memperkuat barisan pendukung Jokowi-Ma'ruf.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x