Mohon tunggu...
Mata Mata Jurnalistik
Mata Mata Jurnalistik Mohon Tunggu... Mahasiswa - Divisi Reportase Lab Jurnalistik UHO

Mata-mata Jurnalistik merupakan salah satu bagian dari program kerja divisi reportase lab jurnalistik Universitas Halu Oleo Kendari

Selanjutnya

Tutup

Healthy

Kamu Harus Tahu! Ini Penyebab dan Pencegahan HIV/AIDS

1 Desember 2022   13:11 Diperbarui: 1 Desember 2022   13:23 111
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Hari AIDS di peringati setiap tanggal 1 Desember setiap tahun. Peringatan Internasional ini bertujuan untuk meningkatkan kewaspadaan masyarakat terhadap penyakit HIV/AIDS. Peringatan hari AIDS ini sudah dilakukan sejak tahun 1988. Hal ini berarti HIV/AIDS penyakit yang sangat berbahaya yang perlu kita waspadai sampai saat ini.

Nah, sudah tahukah kamu apa itu AIDS ?

Sering kali kita mendengar tentang AIDS (Acquired Immune Deficiency Syndrome) atau HIV (Human Immunodeficiency Virus) di media baik itu blog, di televisi, atau artikel kesehatan dan juga koran. Namun hanya satu hal yang selalu kita ingat jika mendengar tentang HIV/AIDS yaitu penyakit yang berbahaya.

AIDS

AIDS (Acquired Immune Deficiency Syndrome) merupakan virus yang disebabkan oleh HIV atau Human Immunodeficiency Virus. HIV adalah virus yang menyerang system kekebalan tubuh yang dapat melemahkan kemampuan tubuh melawan infeksi penyakit.

Seberapa bahayanya HIV dan AIDS pada daya tahan tubuh kita?

AIDS timbul karena disebabkan oleh virus HIV. HIV adalah jenis virus yang menyerang dan menghancurkan sel CD4. Sel CD4 adalah jenis sel darah putih yang menjadi bagian penting dari sistem kekebalan tubuh manusia. Fungsi utama dari sel CD4 yaitu untuk melawan infeksi yang disebabkan oleh berbagai macam mikroorganisme berbahaya.

Apa Penyebab HIV dan AIDS ?

Dilansir dari website halodoc dr. Fadhli Rizal Makarim menjelaskan bahwa penyebaran dan penularan HIV paling banyak disebabkan melalui hubungan intim lebih dari satu pasangan,  menggunakan jarum suntik yang tidak steril saat memakai narkoba.

Pencegahan HIV dan AIDS

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Healthy Selengkapnya
Lihat Healthy Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun