Mohon tunggu...
Ima Rochmawati
Ima Rochmawati Mohon Tunggu... Full Time Blogger - lihat.dengar.rasa.laku

Blogger dan Penikmat Seni https://www.matakubesar.com http://matakubaca.blogspot.com

Selanjutnya

Tutup

Sosbud Pilihan

Komunitas Hegarmanah Usung Fauna dalam Karyanya

30 Januari 2021   21:33 Diperbarui: 30 Januari 2021   21:34 202 2 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Komunitas Hegarmanah Usung Fauna dalam Karyanya
Pameran Seni Rupa Komunitas Hegarmanah. 2021

Bandung tetap bergerak oleh individu-individu yang terus bersemangat berkarya.  Salah satunya dilakukan oleh Komunitas Hegarmanah yang kerap melakukan Pameran Seni Rupa secara rutin. 

Kali ini mereka sepakat mengusung tema Fauna.  Pameran rutin kali ini merupakan pameran seni rupa keempat kali.  Yoris Tenza sebagai ketua Komunitas Hegarmanah mengungkapkan, aktivitas ini dilakukan agar komunitasnya tetap produktif berkarya, selalu semangat apapun kondisinya.  

Pameran berlangsung secara berkala dengan tema-tema berbeda di Galeri Komunitas Hegarmanah. Galeri yang bertempat di Gang Cikapundung No. 34 Bandung merupakan milik seniman Yoris Tenza sendiri, lalu dimanfaatkan fungsinya sebagai galeri agar aktivitas berkarya tetap produktif dan bermanfaat bagi seniman.  

Dengan adanya komunitas yang solid dan galeri, program mereka yaitu terus berkarya lalu dipamerkan, sehingga bisa diapresiasi oleh publik. 

Komunitas ini hadir dari individu-individu yang mempunyai passion menggambar dan pernah sama-sama berlatih dalam asuhan Barli  Sasmitawinata.  Mereka adalah Abun Adira, Andry Kusnadjaja, Farida Wahyu, Ho Se Chen, Ida Farida, Ie Lie Yoeng, Paramita, Pega Gunawan, Ratman DS, Rendra Santana, Setiyono Wibowo, Sipin Lim, Yoris Tenza, Yoyo Hartanto dan Zhang Ting Ie.  Sebuah komunitas yang menarik, karena satu sama lain saling dukung, saling menyemangati dan meluaskan ilmu menggambar.

Sumber Foto: Ima Rochmawati
Sumber Foto: Ima Rochmawati
Tema yang diusung pada pameran kali ini merupakan salah satu proses saat melakukan pengenalan bentuk anatomi bersama Barli.  

Sehingga pameran kali ini, setiap seniman mengangkat jenis binatang yang membangun emosi masing-masing dari berbagi perspektif.  Mulai dari binatang yang kecil hingga besar, jenis binatang jinak hingga binatang liar dengan pesan dibalik gesturenya.    

Pada pameran kali ini, pengunjung diajak untuk menikmati karya-karya dengan teknis dan media gambar yang beragam. 

Masing-masing karya rupa memiliki ciri khas arsir, pewarnaan hingga gaya tarik garis yang unik.  Sehingga ketika masuk galeri lalu berkeliling, tiap dinding menghadirkan rasa dan kekuatan yang berbeda-beda dari tiap karya.  

Ada yang menggunakan one line drawing, soft pastel, cat air, gouache, cat akrilik, cat minyak, maupun mix media menghadirkan makna pada tiap objek. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN