Mohon tunggu...
Masykur Mahmud
Masykur Mahmud Mohon Tunggu... Freelancer - A runner, an avid reader and a writer.

Harta Warisan Terbaik adalah Tulisan yang Bermanfaat. Contact: masykurten05@gmail.com www.collegexpedition.com

Selanjutnya

Tutup

Humaniora Pilihan

Hal yang Harus Dihindari ketika Bangun Tidur

7 Maret 2023   17:49 Diperbarui: 7 Maret 2023   17:54 153
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Agar hari menjadi lebih produktif, maka hindari melakukan hal yang berdampak buruk untuk otak. Apa itu ? let's check it out!

Memegang HP

Ketika terbangun dari tidur di pagi hari, maka berusahalah untuk tidak memegang HP. Kenapa? waktu pagi adalah waktu terbaik bagi otak manusia. Apapun yang diserap oleh otak pertama kali akan berdampak pada produktifitas. 

Smartphone memberikan manfaat yang luar biasa bagi manusia, namun hanya jika dipakai pada ranah yang bermanfaat. Media sosial seperti IG, WA, FB, dll mengandung banyak informasi yang sangat mudah memancing hormon dopamine saat diakses di pagi hari. 

"Social media platforms drive surges of dopamine to the brain to keep consumers coming back over and over again"

Dengan memegang HP sesaat setelah terbangun, otak akan mudah terdistraksi. Lalu, tingkat konsentrasi dan fokus mudah terganggu. Tidak semua informasi bermanfaat bagi otak, terlebih apa yang terpampang di media sosial.

Makanya, penting untuk TIDAK memegang HP di pagi hari terlebih saat terbangun. Letakkan HP pada posisi yang sulit dijangkau agar keinginan untuk meraih smartphone bisa berkurang.

Olah Raga di Pagi Hari

Otak hanya berfungsi maksimal jika terlebih dahulu mendapat stimulasi. Caranya adalah dengan mengawali hari berolah raga, berlari sekitar 15-30 menit saja sudah mampu melejitkan fungsi otak

Apapun yang baik bagi jantung sudah menjamin membuat otak berkerja optimal. Sebaliknya, sesuatu yang tidak baik bagi jantung juga berefek buruk bagi otak.

Analisanya sangat simpel. Otak membutuhkan oksigen agar bisa bekerja maksimal. Oksigen dapat mengalir dengan baik ke otak dengan kerja jantung yang baik. 

Aktivitas seperti lari pagi sangat baik untuk memacu kerja jantung. Dengan sendirinya, aliran oksigen ke otak terjaga. Saat otak menerima oksigen yang cukup, tingkat konsentrasi meningkat.

Berbeda ketika disaat pagi tidak ada aktifitas yang membuat tubuh bergerak. Contohnya, hanya duduk mengecek HP atau membuka laptop, aliran darah tidak maksimal karena jantung tidak terpacu. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Humaniora Selengkapnya
Lihat Humaniora Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun