Mohon tunggu...
Masykur Mahmud
Masykur Mahmud Mohon Tunggu... Freelancer - A runner, an avid reader and a writer.

Harta Warisan Terbaik adalah Tulisan yang Bermanfaat. Contact: masykurten05@gmail.com www.collegexpedition.com

Selanjutnya

Tutup

Bahasa Pilihan

Metamorfosis Penggunaan Kata "Toilet"

9 Januari 2023   09:09 Diperbarui: 9 Januari 2023   11:15 495
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilustrasi gambar: freepik.com

Kata toilet sering dipahami sebagai tempat buang hajat. Lazim kita mendengar ucapan seperti: "bentar ya, mau ke toilet dulu", "permisi, numpang nanya, toiletnya dimana ya?"

Meskipun demikian, toilet dan WC juga digunakan secara bergantian. Kadang seseorang lebih mudah menggunakan kata WC, tapi dalam prakteknya kedua kata ini merujuk pada satu hal yang sama.

Jika merujuk pada bahasa Inggris, WC (water closet) mengacu pada ruangan yang didalamnya terdapat toilet untuk membuang urin atau feses. 

Nah, apakah penggunaan kata toilet sudah pada tempatnya? tentu ini menjadi sebuah pertanyaan yang layak untuk didiskusikan. Banyak sekali kata serapan dalam bahasa Inggris yang keluar dari rel penggunaannya jika merujuk pada konteks kata.

Hal ini lambat laun menjadi masalah, walaupun memang jarang dipermasalahkan. Dalam bahasa Inggris, toilet berarti tempat yang dipakai untuk buang hajat, khususnya BAB.

Memang antara bahasa Inggris orang Amerika dan penduduk Inggris juga terdapat perbedaan dalam hal kosa-kata berhubungan dengan toilet. 

Misalnya, orang Amerika condong menggunakan restroom untuk sebuah ruangan luas yang umumnya digunakan di tempat umum seperti stasiun kereta api, restoran, tempat pembelanjaan, dll.

Lain halnya ketika benda yang sama terletak di rumah, orang Inggris dan Amerika sama-sama memakai kata bathroomSedikit perbedaan hanya pada ada tidaknya bathtub di dalamnya. Bagi Inggris, bathroom memang identik dengan bathtub.

Intinya, jika sedang di tempak publik, jangan sekali-kali mengatakan "where is the bathroom?" karena maknanya anda hendak mandi. Sama halnya ketika anda berkata "is there a toilet here?" tentunya terdengar sedikit tidak sopan.

ketika ingin pergi mencuci muka di kamar mandi, jangan pernah berkata "I want to wash my face in the toilet". kalimat ini akan terdengar mejijikkan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Bahasa Selengkapnya
Lihat Bahasa Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun