Mohon tunggu...
Masykur Mahmud
Masykur Mahmud Mohon Tunggu... Freelancer - Avid reader, kind and thoughtful.

Harta Warisan Terbaik adalah Tulisan yang Bermanfaat. Contact: masykurten05@gmail.com www.collegexpedition.com

Selanjutnya

Tutup

Hobby Pilihan

Memperbaiki Kualitas dan Kuantitas Tulisan secara Bersamaan, Apakah Mungkin?

9 Desember 2022   15:15 Diperbarui: 9 Desember 2022   20:50 111
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilustrasi menulis. www.freepik.com

Sebuah tulisan bisa didefinisikan berbobot secara kualitas jika mampu memberi kesan dan pesan pada pembaca. Untuk memenuhi kedua syarat ini setidaknya seorang penulis harus menguasai tiga hal.

Pemilihan Kata

Kata yang tepat dapat memberikan pesan lebih baik bagi pembaca. Disamping itu, pemilihan kata yang sesuai konteks tulisan juga memberi kesan tersendiri pada benak pembaca.

Lebih jauh lagi, kata-kata dapat memberi gambar yang membuat pembaca lebih gampang memahami konteks tertentu. Hal yang rumit bisa dijelaskan dengan mudah jika kata yang dipakai mewakili pesan yang disampaikan.

Sebaliknya, pemilihan kata yang salah akan membuat sebuah tulisan sulit dipahami dan pada akhirnya pesan dan kesan yang disampaikan tidak sampai pada benak pembaca.

Koneksi antar Paragraf

Kata yang sesuai belum cukup untuk memberi pesan dan kesan pada pembaca. Agar pembaca lebih tajam mengingat pesan penulis, kalimat juga harus terhubung dengan baik. Begitupula dengan paragraf, hendaknya satu paragraf terikat secara pesan dengan paragraf yang lain.

Seringkali, seorang penulis tidak mengikat paragraf dengan kuat. Artinya, pesan yang ingin disampaikan ke pembaca tidak saling terhubung antar kalimat, sama halnya dengan paragraf.

Untuk mengikat pesan antar kalimat, penulis perlu memakai kata penghubung dengan baik, termasuk pemilihan kata yang berfungsi sebagai transisi.

Menghindari Pengulangan Kata

Sebagaimana pentingnya pemilihan kata yang tepat, pengulangan kata juga perlu diperhatikan dengan baik. Penulis bisa membatasi pemilihan kata yang sama dalam paragraf, jika perlu pilihlah kata lain dengan makna yang sama.

Pemakaian kata yang sama dalam sebuah paragraf akan membuat pembaca sulit menangkap pesan penulis. Usahakan untuk memaparkan ide dalam kalimat yang pendek namun terarah, ketimbang menulis kalimat panjang dengan fokus terpencar.

Memberikan ilustrasi dalam sebuah paragraf bisa membantu penulis untuk menghindari mengulang kata yang sama. Misalnya, berika analogi tertentu yang bisa dikaitkan dengan arah pesan sebuah paragraf. Contohnya, perkembangan teknologi yang pesat bisa dianalogikan dengan percepatan moda transportasi.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Hobby Selengkapnya
Lihat Hobby Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun