Mohon tunggu...
Masykur Mahmud
Masykur Mahmud Mohon Tunggu... Freelancer - Avid reader, kind and thoughtful.

Harta Warisan Terbaik adalah Tulisan yang Bermanfaat. Contact: masykurten05@gmail.com www.collegexpedition.com

Selanjutnya

Tutup

Humaniora Pilihan

Menulislah, sebuah Tulisan akan Bermuara di Tempatnya

7 November 2022   10:48 Diperbarui: 7 November 2022   10:56 103
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
ilustrasi gambar. www.freepik.com

Kata-kata yang kita rangkai akan sampai pada pembaca ketika sudah kita tuliskan. Menulis sejatinya tidak memerlukan banyak alasan. Menulislah dan berbagilah.

Tuliskan apa saja yang kita pahami. Apa yang saat ini kita tulisan mungkin akan sangat bermanfaat bagi orang lain. Apapun itu, sekalipun sebuah tulisan yang kita anggap hanya sampah.

Kita seringkali tidak bisa memprediksi kemana tulisan kita akan berlabuh. Siapakah yang akan membaca dan mendapat manfaat dari apa yang kita tulis. Percayalah, akan ada seseorang yang mengambil manfaat.

Jika niat menulis sudah ada, maka jangan tunggu esok hari. Tuliskan dan jadikan sebuah tulisan. Baik itu terkesan bagus atau tidak biarkan saja ide mengalir seadanya.

Kadang kita tidak perlu tau siapa yang akan membaca tulisan kita. Bisa jadi ada satu, dua atau tiga orang yang memang sedang membutuhkan apa yang sedang kita tulis.

Jangan pernah ragu dengan apa yang kita tulis. Selama kita memiliki ilmu tentang apa yang kita tulis, maka tuliskan saja. Tidak perlu terlalu banyak mikir ini dan itu atau malah nunggu sempurna.

Sempurna itu tidak akan pernah ada jika kita tidak memulai untuk menulis. Semakin sering kita menulis tentunya semakin baik kita mengenal diri. 

Kemampuan menulis kita peroleh dari kebiasaan menulis yang kita lakukan setiap hari. Tanpa harus menghabiskan waktu untuk mikir ide apa sampa akhirnya rasa malas dan bosan hinggap. 

Kalau memang kita lagi malas, cukup tuliskan kenapa kita malas dan bagaimana cara agar rasa malas tidak hinggap. Dengan begini, kta juga akan membaca dan menambah wawasan.

Orang yang membaca juga dapat manfaat, kita yang menulis juga dapat kebaikan dari apa yang kita tulis.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Humaniora Selengkapnya
Lihat Humaniora Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun