Mohon tunggu...
Masykur Mahmud
Masykur Mahmud Mohon Tunggu... Freelancer - Avid reader, kind and thoughtful.

Harta Warisan Terbaik adalah Tulisan yang Bermanfaat. Contact: masykurten05@gmail.com www.collegexpedition.com

Selanjutnya

Tutup

Healthy Pilihan

Kenapa Orang Dulu Memiliki Fisik dan Mental yang Kuat?

31 Oktober 2022   11:18 Diperbarui: 31 Oktober 2022   11:25 232
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Atjeh tram di stasiun Koeta Radja (Banda Aceh). www.wikipedia.org

Dalam perjalanan pulang dari kebun kemarin sore, saya terlibat sedikit diskusi tentang kehidupan masa dahulu yang dialami ayah. Awal mula percakapan kami dimulai dari pembahasan jenis dan rute jalan dulu yang masih sangat terbatas dan kecil.

Menurut ayah saya, dahulu pada tahun 70-an jalan-jalan di daerah masih sebatas jalan setapak yang menghubungkan antar kampung dan sangat terbatas. Tidak ada sepeda motor saat itu, hanya beberapa sepeda saja yang dimiliki oleh orang tertentu.

Moda transportasi umum tidak ada sama sekali, jadi untuk menuju kota yang berjarak 22 km ayah saya harus bersepeda di hari sabtu pagi. Saat ini dengan menggunakan mobil, jarak 22 km bisa ditempuh dalam 40 menit, namun ayah harus mengayuh sepeda sepanjang hari untuk bisa sampai ke kota dengan tujuan menuntut ilmu.

Kenapa orang dulu lebih sehat? kalau berdasarkan apa yang saya simak dari penjelasan ayah, setidaknya ada tiga faktor yang menyebabkan orang dulu memiliki performa yang sangat baik.

Pertama, rata-rata orang dulu sangat aktif berjalan dan boleh dikatakan selalu aktif bergerak. Kedua, makanan yang dikonsumsi adalah hasil tanaman sendiri di kebun/ladang/sawah. Ketiga, umumnya para orang tua dulu sangat aktif membantu satu sama lain dengan cara gotong royong.

Ada satu cerita dimana ayah berujar bahwa dulunya tidak ada yang namanya mobil truk untuk mengangkut batu atau pasir. Akibatnya, masyarakat harus mengangkut batu dari satu tempat ke tempat lokasi pembangunan demi membangun sebuah mesjid setara dengan kecamatan saat ini. 

Dari sini saya sedikit memahami bahwa dulunya orang-orang sangat aktif bergerak dan berjalan bukan hanya untuk diri sendiri namun juga secara kolektif. Jelas dengan pola hidup seperti ini orang dulu memiliki fisik yang boleh dikatakan kuat dan tahan banting.

Bukan hanya itu, secara mental juga mereka lebih kuat ketika ditimpa musibah. Bagaimana tidak, sirkulasi darah di dalam tubuh akan sangat lancar dengan aktif bergerak, hal ini juga berefek pada kondisi kejiwaan yang relatif baik dan pastinya lebih stabil.

Makanya, ini salah satu alasan kenapa orang dulu hampir tidak mengenal yang namanya bunuh diri, sakit jiwa, apalagi putus asa. Dengan pola hidup yang aktif bergerak karena kondisi perekonomian yang masih bertumpu pada pertanian, ketergantungan satu sama lain sangat kuat.

Berbeda dengan sekarang yang semua serba ada dan mudah. Mau belanja ikan, sayur mayur, kebutuhan harian, semua bisa didapatkan dengan sangat mudah cuma beberapa meter dari rumah. Karena mudahnya, jarak beberapa meter saja belanja pakai motor. hmmm

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Healthy Selengkapnya
Lihat Healthy Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun