Mohon tunggu...
Masykur
Masykur Mohon Tunggu... Freelancer - Avid reader, kind and thoughtful.

Menulis untuk merekam jejak dan menebar manfaat. email: masykurten05@gmail.com www.familyliteracyideas.blogspot.com

Selanjutnya

Tutup

Lyfe Pilihan

Tiga Faktor Penentu Tingkat Percaya Diri

18 September 2022   15:00 Diperbarui: 18 September 2022   15:03 109 5 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilustrasi seseorang dengan level percaya diri yang tinggi. www.freepik.com

Percaya diri punya peran penting dalam kesuksesan. Tanpa percaya diri yang baik rasanya sulit untuk mendapatkan apa yang kita inginkan. 

Namun, percaya diri tidak muncul dengan sendirinya tanpa proses. Ada beberapa tahapan yang setidaknya dibutuhkan seseorang untuk mendapatkan level percaya diri yang baik. 

1. Keberanian

Adakah orang yang bisa sukses dengan membawa serta rasa pengecut? tentunya tidak ! secara normal seseorang butuh keberanian untuk mencoba melakukan sesuatu hal yang belum pernah dilakukan.

Tanpa keberanian mencoba, mustahil bagi kita untuk belajar hal baru. Bagi mereka yang baru memulai bisnis, keberanian mencoba adalah sebuah keharusan. Bagaimana mungkin membangun sebuah bisnis dengan tidak berani mencoba.

Keberanian wajib datang lebih dulu dari apapun. Semua kita tidak akan memiliki rasa percaya diri tanpa membuang rasa takut sebelum mencoba. Jadi, berani mencoba itu kunci paling pertama untuk memupuk rasa percaya diri.

2. Komitmen

Berani saja tidak cukup! setelah berhasil memupuk keberanian, tahap kedua bagi seseorang adalah membangun komitmen nyata. Kenapa komitmen penting?

Untuk membuat perubahan dalam hidup, kita harus berani melakukan sesuatu yang belum pernah kita lakukan. Lalu, mulailah komit terhadap kebiasaan baru yang lebih positif.

Contoh sederhana, seseorang yang ingin menurunkan berat badan agar lebih sehat. Pertama, miliki keberanian untuk berubah, rubah menu makan dan porsi makan, selanjutnya buatlah komitmen nyata untuk perubahan yang diinginkan.

Lantas, setelah memiliki keberanian dan komitmen, apakah cukup disini saja? nah, ada satu lagi yang harus dimiliki untuk mencapai level percaya diri yang tinggi.

3. Kemampuan

Jika kedua kriteria diatas (keberanian & komitmen) sudah berhasil anda terapkan dalam hidup, tahap terakhir adalah memiliki kemampuan yang dibutuhkan untuk melakukan perubahan. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Lyfe Selengkapnya
Lihat Lyfe Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan