Mohon tunggu...
Masykur
Masykur Mohon Tunggu... Freelancer - Avid reader, kind and thoughtful.

Menulis untuk merekam jejak dan menebar manfaat. email: masykurten05@gmail.com www.familyliteracyideas.blogspot.com

Selanjutnya

Tutup

Parenting Artikel Utama

Hindari Memaksa Anak Belajar Berlebihan karena Bisa Merusak Otak

7 September 2022   13:25 Diperbarui: 17 September 2022   15:43 252 17 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilustrasi anak yang pusing dipaksa belajar. Sumber: Shutterstock via Kompas.com

Otak memiliki fungsi luar biasa dengan bagian-bagian tertentu yang memiliki tugas berbeda satu sama lain. Jika salah satu bagian otak terganggu maka efeknya bisa terlihat pada anggota tubuh. 

Otak terdiri dari 40% lemak, dan 60% lainnya adalah air, protein, karbohidrat dan garam. Ada tiga bagian otak yang dikatagorikan berdasarkan fungsi teratas, yaitu (1).Cerebrum, (2).Cerebellum, dan (3).brainstem.

Ketiga bagian ini memiliki fungsi penting bagi tubuh. Cerebrum merupakan bagian otak paling luas bagian depan yang berfungsi untuk menggerakkan tubuh dan mengatur suhu tubuh. Bukan hanya itu, cerebrum juga membantu manusia untuk bisa berbicara, berpikir, belajar, menemukan solusi, dan juga fungsi lima panca indra.

Cerebellum yang juga disebut otak kecil terletak di bagian belakang kepala. Salah satu fungsi cerebellum adalah menjaga keseimbangan tubuh dan mengkoordinir pergerakan otot tubuh. 

Adapun brainstem yang disebut juga otak tengah memiliki tiga bagian : Midbrain, pons, dan Medulla. Masing-masing memiliki peran penting. 

Misalnya, midbrain berpengaruh pada pendengaran dan kemampuan tubuh bergerak serta memahami perubahan termperatur lingkungan dari luar tubuh. Pons berfungsi untuk menghasilkan air mata, menguyah, berkedip, memelihara fokus ketika melihat, dan memahami ekspresi wajah.

Sedangkan medulla mengontrol ritme jantung, bernafas, aliran darah, oksigen, dan kadar karbondioksida. Aktifitas tubuh seperti bersin, muntah, batuk, dan menelan makanan erat kaitannya dengan fungsi otak bagian ini.

kembali ke topik tulisan, kenapa seseorang bisa hilang ingatan?

Nah, bagian-bagian otak yang saya sebut diatas adalah bagian paling penting, sementara itu ada begitu banyak bagian otak lain yang masuk katagori deeper structures atau struktur terdalam. Salah satunya adalah hippocampus.

Inilah bagian otak yang akan saya bahas berkaitan dengan memori dan ingatan. Hippocampus terletak dibawah Amygdala, bentuknya seperti kuda laut. Ukurannya 100% lebih kecil dibandingkan bagian otak teratas Cerebral cortex.

Ukuran boleh kecil tapi perannya sangat besar bagi tubuh kita. Hippocampus erat kaitannya dengan kemampuan mengingat. Memori jangka pendek dan panjang berkumpul disini.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Parenting Selengkapnya
Lihat Parenting Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan