Mohon tunggu...
Masykur
Masykur Mohon Tunggu... Freelancer - Avid reader, kind and thoughtful.

Suka mengeksplorasi dunia parenting dan anak-anak. email : masykurten05@gmail.com Kunjungi: www.familyliteracyideas.blogspot.com

Selanjutnya

Tutup

Bahasa Pilihan

10 Tips Efektif Menjawab Soal TOEFL ITP bagian Structure

2 Agustus 2022   13:45 Diperbarui: 2 Agustus 2022   13:50 93 7 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

TOEFL paper based seperti ITP terbagi ke dalam tiga bagian : Listening, Structure & Reading. Di tulisan kali ini saya akan membahas karakter soal structure.

Dalam menjawab soal structure, perlu diketahui bahwa soal terbagi kedalam dua bagian.  Soal 1-15 mencari jawaban yang benar dan soal 16-40 mencari jawaban yang salah. 

Dua bagian soal structure memiliki karakter soal yang berbeda. Kebanyakan soal 1-15 fokus pada subject dan verb, Clause, serta connector. Sedangkan soal 16-40 mengarah pada subject and verb agreement, conjunction, tenses, conditional dan beberapa lainnya.

Secara teori, kedua bagian soal ini membutuhkan waktu 30 detik/soal bagi peserta untuk memilih jawaban. Dengan kata lain, peserta tes tidak memiliki waktu terlalu banyak untuk mencari jawaban.

Lantas, apakah ada tips khusus untuk menjawab soal structure?

Nah, saya akan membahas beberapa tips umum yang bisa diterapkan untuk menjawab soal structure dengan efisiensi waktu yang baik. 

  1. Ketika menjawab soal structure cobalah untuk tidak menerjemahkan saat membaca. 
  2. Untuk soal 1-15 fokus pada subject dan verb  saat membaca soal. Alasannya, karena rata-rata soal akan mudah dijawab ketika peserta tes mampu menganalisa apakah di kalimat tersebut terdapat subject atau verb.
  3. Jika tidak paham sama sekali tentang soal yang ditanyakan, langsung skip ke soal berikutnya. Silahkan kembali ke soal tersebut ketika sudah selesai menjawab soal yang lain. 
  4. Jangan terkecoh ketika membaca soal yang panjang. Lihatlah letak (,) koma di setiap soal. 
  5. Jika koma terletak di tengah, maka kemungkinan  besar soal mengarah ke clause atau klausa yang mengharuskan peserta tes untuk mengecek subject dan verb. 
  6. Jika ada dua koma di tengah kalimat, ( , ........., ), maka soal mengarah ke appositive,  dimana jawabnya berbentuk kata atau frasa. 
  7. Selalu analisa bentuk subject  pada setiap kalimat (apakah singular atau plural). kemudian, cek verb sesuai atau tidak. 
  8. subject singular membutuhkan verb singular, begitu juga sebaliknya. ini disebut dengan subject-verb agreement (kesesuaian subjek dan kata kerja)
  9. Untuk soal 16-40 lihat dengan jeli kata yang tidak bergaris bawah karena kata tersebut selalu benar, sedangkan jawaban yang salah merupakan jawaban terdekat dengan kata yang tidak bergaris bawah.
  10.  Gunakan tehnik eliminasi untuk setiap soal. Artinya, buang 2-3 pilihan yang ragu baru kemudian pilih diantara dua jawaban yang diyakini benar.

Selain 10 tips diatas, cobalah selalu melatih menjawab soal dengan memakai stopwatch  agar otak bisa membentuk ritme menjawab yang terstruktur. 

Pahami teori structure dengan baik dan tepat. Misalnya, bedakan fungsi phrase dan clause dengan tepat. Tanpa pengetahuan structure yang baik, peserta tes akan membutuhkan waktu lebih lama untuk menjawab soal. 

Dan yang paling penting lainnya adalah, usahakan untuk tenang dalam mejawab soal dan jangan panik ketika tidak memahami soal. 

Menjawab soal dengan santai akan membuat peserta tes lebih terarah dalam menjawab. Saat panik atau cemas, anda bisa saja salah memilih jawaban yang seharusnya benar.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Bahasa Selengkapnya
Lihat Bahasa Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan