Mohon tunggu...
Masykur
Masykur Mohon Tunggu... Freelancer - Avid reader, kind and thoughtful.

Content writer - parenting and childhood education. Contact : masykurten05@gmail.com

Selanjutnya

Tutup

Gayahidup Artikel Utama

Membangun dan Membiasakan Rutinitas Produktif bagi Anak

26 Oktober 2021   17:45 Diperbarui: 27 Oktober 2021   03:26 815 12 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Bukan hanya bekerja, pandemi juga membuat kegiatan belajar dan mengajar dilakukan dari rumah. Butuh perangkat teknologi seperti laptop agar kedua kegiatan ini berjalan efektif (Dok. AMD Indonesia via lifestyle.kompas.com)

Mendidik anak untuk terbiasa hidup produktif adalah sebuah investasi terbesar yang bisa dilakukan orangtua sejak anak berusia dini. 

Hal-hal dasar seperti jam tidur yang teratur, makan yang sehat dan membangun aktivitas berkualitas sangat bermanfaat bagi anak.

Di tulisan kali ini, saya akan coba membahas beberapa hal yang bisa dilakukan orangtua dalam keseharian untuk mendidik anak menjadi generasi produktif sejak kecil. Apa saja kebiasaan yang bermanfaat untuk dilakukan anak sejak kecil?

1. Membiasakan Anak memiliki jam tidur yang jelas

Mungkin bagi kebanyakan orangtua mengatur anak untuk tidur pada jam tertentu akan melelahkan atau dianggap tidak penting. Tapi, membiasakan anak untuk tidur dengan jadwal yang jelas akan sangat membantu anak membangun nilai kedisiplinan sejak kecil.

Kapan anak bisa dibiasakan untuk memiliki jadwal tidur?

Sebenarnya, sejak anak menyusui mereka sudah belajar mengenal ritme tidur. Secara perlahan seiring umur bertambah jam tidur akan terbentuk layaknya orang dewasa. 

Umumnya umur dua tahun, seorang anak sudah memiliki jam tidur normal walaupun bisa bervariasi antar anak.

Jadi, dari umur dua tahun anak sudah bisa dibiasakan tidur dengan jadwal yang jelas. Misalnya, pada malam hari anak sudah diajak untuk tidur lebih awal, yaitu jam 9 malam.

Kemudian pada pagi hari anak juga bisa dilatih untuk bangun lebih awal sebelum matahari terbit. Tentu saja saat melakukan di minggu pertama akan mengalami kesulitan, namun jika ritme tidur sudah terbentuk anak akan terbiasa dan menyesuaikan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Gayahidup Selengkapnya
Lihat Gayahidup Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan