Mohon tunggu...
Masykur
Masykur Mohon Tunggu... Learning and exploring

language lover, book reader, nature explorer.

Selanjutnya

Tutup

Edukasi Pilihan

Apa Kunci dan Tips Membesarkan Anak yang Cerdas?

2 Juli 2020   11:39 Diperbarui: 2 Juli 2020   11:49 75 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Apa Kunci dan Tips Membesarkan Anak yang Cerdas?
Sumber: babycollege.co.za

Di tulisan kali ini saya akan membagi tips sederhana membesarkan anak agar menjadi individu yang cerdas. Tips yang akan saya tuliskan ini berdasarkan gabungan ilmu Neurology (otak) dan psychology (kejiwaan). Saya akan menjelaskan terlebih dahulu bagaimana cara kerja otak secara sederhana agar bisa dipahami dengan mudah.

Baik, let's start. Otak adalah bagian paling penting dalam tubuh seseorang, posisinya diatas dan ia adalah leader. jadi, kalau pemimpin tidak berfungsi dengan baik, apa yang akan terjadi? semua sistem kerja bagian tubuh lain akan terganggu. Nah, satu hal yang harus dipahami orangtua, otak pada anak itu sudah berkembang pada masa kehamilan fase trisemester kedua. Artinya, diusia kehamilan tiga bulan keatas otak sudah mulai secara perlahan terbentuk dan terhubung. 

Uniknya, jika ditinjau secara ilmu otak, fase pertumbuhan otak terjadi sangat cepat diusia 1-3 tahun. Ini menjadi bagian paling PENTING bagi tumbuh kembang otak secara baik. Banyak orangtua yang lalai pada fase ini karena fokus pada makanan untuk membesarkan anak, padahal tiga tahun pertama ini yang sangat dibutuhkan anak adalah INTERAKSI aktif bersama orangtua. kenapa demikian? karena para pakar otak menyimpulkan bahwa kemampuan otak berfungsi secara maksimal sangat didukung oleh hadirnya koneksi dalam otak.

Satu hal yang perlu dipahami, otak dimasa 1-3 tahun menghasilkan jutaan koneksi setiap detiknya. Koneksi ini hanya muncul jika ada interaksi dan komunikasi anak bersama orangtuanya. 

Jika anak tidak mendapatkan kesempatan berbicara, beinteraksi, dan bermain bersama orangtua di usia ini maka kemampuan otak berkembang bisa terganggu. Kenapa ada anak yang mengalami speech delay atau lambat berbicara? Salah satu penyebabnya karena otak tidak mendapatkan stimulasi pada saat berumur dibawah 1 tahun.

Otak memiliki struktur berlapis-lapis yang bekerja sangat terstruktur dan terintegrasi. Ketika anak mendapatkan kasih sayang, kenyamanan, keamanan, otak akan berkembang sangat cepat dan menghasilkan milyaran koneksi yang berfungsi untuk menyimpan informasi. 

Maka fase 1-3 tahun anak membutuhkan kasih sayang dari kehadiran orangtua di sisinya. Ini juga menjadi alasan kenapa anak dibawah tiga tahun sebaiknya jangan dititip ke orang lain dengan alasan apapun karena akan sangat mempengaruhi perkembangan otak. 

Apa yang terjadi pada otak anak saat umur empat tahun keatas? berdasarkan hasil penelitian para pakar otak, mulai usia empat tahun koneksi pada otak sudah mulai berkurang. Fakta ini memberikan gambaran kepada kita bahwa proses pendidikan sebenarnya terjadi dalam dua fase: pertama saat bayi berkembang dalam rahim dan kedua saat bayi lahir di tiga tahun pertama. Ini adalah dua fase pendidikan yang hakiki. Dan yang sangat menakjubkan, hanya dibutuhkan interaksi dan kasih sayang untuk menghasilkan milyaran koneksi dalam otak.

Lalu, sebenarnya apa yang harus orangtua lakukan?

Jawaban paling simpel adalah berikan kasih sayang secara bijak diumur 1-3 tahun. Kasih sayang yang dimaksud disini adalah bukan memanjakan anak dengan meberikan segalanya. 

Yang harus orangtua pahami adalah kehadiran mereka dengan berinteraksi, berkomunikasi, bermain, dan bercanda adalah kasih sayang yang sebenarnya. Ini adalah kunci pendidikan yang paling utama. Saat anak mendapatkan kasih sayang, kenyamanan, dan keamanan dari orang yang disayangi maka dengan sendirinya otak mereka berkembang secara cepat.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN