Mohon tunggu...
Masykur
Masykur Mohon Tunggu... Learning and exploring

language lover, book reader, nature explorer.

Selanjutnya

Tutup

Bahasa

New Normal? Yang Penting Jangan Abnormal

28 Mei 2020   17:12 Diperbarui: 28 Mei 2020   17:03 22 2 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
New Normal? Yang Penting Jangan Abnormal
Image caption: Merriam Webster Dictionary

COVID-19 telah merubah banyak aspek dalam kehidupan kita. Tidak hanya aspek pola hidup, tapi juga aspek pola pikir. 

New Normal menjadi istilah atau sebutan baru paska COVID-19. Apakah sebelum adanya NEW hidup kita sudah normal? Ini adalah pertanyaan yang mesti dijawab. Karena istilah normal berkonitasi positif, lantas apayang berubah saat ditambahkan kata NEW? 

Hidup normal tentu mengarah kepada siklus kehidupan yang umumnya dilakukan orang banyak, walau pada kenyataannya tidak selalu apa yang umum dilakukan orang banyak sudah layak disebut normal. 

Akankah pola hidup akan berubah setelah masa transisi pandemic? Jawabannya mungkin saja. Yang jelas pola pikir orang akan selalu berubah seiring informasi yang ia terima. Ada yang bergerak kearah lebih baik, dan ada juga yang mundur ke belakang. 

Amati dan cermati

Banyak negara yang sampai saat ini masih bergelut dengan COVID-19. sebagian ada yang berhasil menekan laju korban, sebagian lainnya ada yang kewalahan. Kita perlu melihat dan mengamati kenapa ada negara yang dianggap sukses melawan virus dan ada yang terkesan kewalahan. 

Sektor ekonomi mengalami efek buruk paska pandemic. Hal ini tentu perlu disikapi dengan pola pikir yang positif. Pengangguran yang meningkat karena imbas tutupnya industri besar menjadi satu hal yang harus dicermati para pengambil kebijakan di negeri ini. Apa yang harus dibenahi dan bagaimana caranya? 

Perubahan pola interaksi masif

Semua akan berubah mengikuti siklus perputaran. Meskipun pola interaksi akan berubah dan mekanisme dibanyak hal akan berubah, itu bukan berarti sebagai sebuah masalah. Tanpa perubahan kita akan stagnan.

Bagi saya ini merupakan momen baik bagi pembuat kebijakan untuk mengangkat sektor UKM diberbagai daerah dengan memacu produksi dalam negeri sebagai aset negara. Tidak perlu lagi mengedepankan produk luar! Kita punya cukup modal untuk menggerakkan ekonomi daerah kearah yang lebih baik. 

New Normal hanya sebuah istilah, tidak perlu diamati secara berlebihan. Yang paling penting tetaplah hidup normal sebaik mungkin dan jangan sekali-kali berpikir abnormal. Ingat! Cukup normal saja ya. 

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x