Mohon tunggu...
Masykur
Masykur Mohon Tunggu... Learning and exploring

language lover, book reader, nature explorer.

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Melatih Manajemen Waktu Lebih Dini pada Anak

27 Mei 2020   12:02 Diperbarui: 27 Mei 2020   11:58 14 2 0 Mohon Tunggu...

Beberapa hal yang bisa dilakukan melatih manajemen waktu dan fokus pada anak.

1. Membuat jadwal kegiatan setiap hari untuk anak (mengaji, belajar, bermain, dll)

2. Memberi batasan waktu untuk setiap kegiatan yang dilakukan.

3. Memberi catatan kecil berbentuk checklist agar anak bisa mengecek apa yang sudah mereka lakukan atau belum dilakukan.

4. Berdiskusi dengan anak setiap malam sebelum tidur untuk mengecek kembali apa yang sudah mereka lakukan dan memberikan masukan/arahan.

5. Seminggu sekali ajak anak ketempat yang menyenangkan dan ajak mereka berdiskusi tentang aktifitas yang sudah mereka lakukan semingguan. Berikan masukan positif jika mereka berhasil melakukan aktifitas sesuai jadwal, dan beri arahan yang positif jika mereka belum mampu konsisten.

Kunci melatih manajemen waktu adalah PEMBIASAAN dan KESABARAN. anak tidak mampu mempergunakan waktu dengan baik jika tidak diajarkan dari kecil dengan arahan dan masukan yang baik dan bijaksana dari orangtua. Jika anak sudah terbiasa memiliki jadwal harian maka mereka akan perlahan terlatih untuk FOKUS. saat dewasa mereka akan sangat mudah mengatur waktu kepada hal-hal yang produktif.

Jika anak tidak dilatih mengerjakan aktifitas yang bermanfaat dari kecil, maka mereka akan terbiasa Lalai dan menghabiskan waktu kepada hal-hal yang kurang produktif.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x