Mohon tunggu...
Masykur
Masykur Mohon Tunggu... Learning and exploring

language lover, book reader, nature explorer.

Selanjutnya

Tutup

Humaniora Artikel Utama

Jangan Jadikan Pikiran sebagai Penjara

25 Januari 2020   13:47 Diperbarui: 26 Januari 2020   22:48 640 7 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Jangan Jadikan Pikiran sebagai Penjara
Ilustrasi (Sumber: Pixabay.com)

Semua organ tubuh kita memiliki pusat kendali di otak. Tanpa sinyal dari otak maka organ tubuh yang lain akan lumpuh. Lain otak lain pula kerja pikiran. 

Kalau otak diibaratkan sebagai prosesor yang mengontrol organ tubuh lainnya, pikiran memiliki fungsi hampir sama, yaitu mengontrol tindakan dan perbuatan kita. 

Jika secara medis penyebab sakit karena terganggunya fungsi organ tubuh, maka secara psikologi penyebab sakit adalah terganggunya pikiran. Pikiran juga punya andil besar sebagai center of command (pusat kendali). 

Secara kasat mata kita tidak bisa melihat pengaruh pikiran dalam hidup. Tapi, semua tindakan yang kita ambil tidak pernah terlepas dari campur pikiran. Kalau secara ilmu Neurology, pusat kendali otak tepat terletak dibagikan depan (dahi) atau bahasa ilmiahnya prefrontal cortex

Pikiran adalah penjara yang kita buat sendiri dan kekuatannya melebihi penjara fisik. Kemampuan kita untuk bisa melakukan sesuatu adalah hasil buah pikiran kita sendiri. 

If you think you can do it, you can do it

Pikiran kita layaknya magnet, ia menarik apapun yang kita tarik. Kalau pikiran kita positif, maka ia menarik hal positif, namun jika ia negatif maka ia menarik hal negatif. 

Kita yang mengontrol pikiran kita sendiri sayangnya, di mana kita hidup, kebiasaan yang kita dapat, dan lingkungan membentuk cara kita berpikir. 

Ilustrasi: www.puisi-cintaindah.blogspot.com
Ilustrasi: www.puisi-cintaindah.blogspot.com
Kenapa orang yang berpikir positif bisa melakukan apa saja? 

Dalam konteks kehidupan sehari-hari, pikiran kita bisa berfungsi sebagai kompas. Apa yang tidak mungkin kelihatan secara konkrit sangat mungkin secara abstract. Maka kerja pikiran sangat menentukan hasil. 

Boleh jadi dalam hidup kita sering sekali berpikir tidak mungkin melakukan hal-hal yang tidak masuk akal, sehingga buah pikiran kita menjadikan itu sebuah pesan yang akhirnya menutup semua akses kemampuan kita. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x