Mohon tunggu...
Masykur
Masykur Mohon Tunggu... Learning and exploring

language lover, book reader, nature explorer.

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Ubahlah Cara Berpikir Jika Ingin Sukses

16 Agustus 2019   15:37 Diperbarui: 16 Agustus 2019   15:42 0 0 0 Mohon Tunggu...

To change your circumstances, first start thinking differently.

--- NORMAN VINCENT PEALE

Petikan diatas saya ambil dari sebuah buku yang berjudul "attitude is everything". Sebuah buku yang luas membahas bagaimana pengaruh sikap terhadap hidup.  Hidup ini akan mudah jika kita berpikir secara mudah, dan sebaliknya. Kita tidak akan bisa merubah keadaan jika belum mampu merubah cara berpikir. 

We are what we think! 

Cara berpikir kita akan menentukan arah perjalanan kita. Jika seseorang dominan berpikir positif maka segala sesuatu akan mudah, sebaliknya jika pikiran negatif menghantui pikiran maka yang terlihat mudah akan terasa susah. 

Jalan keluar dalam hidup akan muncul saat kita berpikir positif. Rangkaian permasalahan bisa diselesaikan saat pikiran dalam keadaan positif. Jika pikiran condong mengarah ke negatif maka yang akan kita temui adalah jalan buntu dan berujung pada permasalahan baru yang tak ada habisnya. 

Cara kerja otak berbanding lurus dengan cara kita berpikir. Saat kita menghujani pikiran dengan hal-hal positif maka berbagai macam ide akan datang. Walau tubuh sedang dirada masalah, pikiran akan bekerja untuk mencari solusi saat pola pikir kita positif. 

Perhatikan bagaimana seseorang yang hidupnya selalu berpikir negatif. Umumnya mereka sulit sekali menerima pendapat orang lain dan cepat emosi. Mereka menjadi buah pikiran negatif yang mereka pelihara. Saat tertimpa masalah mereka akan menyalahkan orang lain dan tidak akan mau mengakui kesalahan disebabkan pikiran negatif yang mereka kedepankan. 

Berbeda dengan orang yang selalu berpikir positif, walaupun mereka tertimpa musibah mereka akan mampu menerima karena cara berpikir yang positif. Orang dengan tipe berpikir positif seperti ini akan mudah bangkit dan pikiran mereka akan bekerja untuk memberi solusi. 

Your brain is what you feed. 

Apa yang masukkan ke otak kita menjadi penentu output yang keluar dari pikiran. Jika yang sering kita baca hal negatif maka pikiran negatif akan mendominasi. Jika mata atau telinga kita melihat dan mendengar hal positif maka buah hasil pikiran kita juga akan positif. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2