Mohon tunggu...
Toto Sudiyanto
Toto Sudiyanto Mohon Tunggu... Guru - SMKN 1 Bongas - Indramayu

CEO dan Founder di TOSU NET MEDIA - https://www.tosupedia.com

Selanjutnya

Tutup

Worklife Artikel Utama

Menetapkan Batasan dan Ciptakan Kehidupan Kerja Sehat untuk Tahun 2023

9 Desember 2022   21:56 Diperbarui: 10 Desember 2022   09:16 226
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Foto: freepik.com/author/wayhomestudio

Inilah cara meningkatkan keseimbangan kehidupan kerja Anda di tahun 2023

Setelah pandemi COVID-19, pekerjaan jarak jauh telah menjadi fitur permanen di sebagian besar kehidupan karyawan. Meskipun telah dielu-elukan oleh banyak orang sebagai obat untuk keseimbangan kehidupan kerja yang lebih baik, tuntutan pengaturan ini juga telah mengaburkan perbedaan antara pekerjaan dan kehidupan pribadi, sehingga sulit untuk mencapai keseimbangan kehidupan kerja yang tepat bagi banyak orang di seluruh dunia.

Pekerjaan jarak jauh, terutama selama keadaan karantina dan pembatasan aktivitas, dapat menimbulkan tekanan mental pada mereka yang berusaha untuk tetap bertahan dan dapat menyebabkan kelelahan kronis.

Realisasi harga diri dan kesehatan mental ini telah menyebabkan banyak orang mengundurkan diri dari tempat kerja dengan budaya perusahaan negatif yang tidak memprioritaskan kesejahteraan karyawan.

Pada saat yang sama, menyeimbangkan persamaan kehidupan kerja antara pekerjaan Anda dan kehidupan pribadi Anda benar-benar merupakan tindakan penyeimbangan yang kompleks. Menerima email kantor yang tidak bersalah pada pukul 6 sore dapat membuat Anda mundur beberapa jam jika Anda memutuskan untuk mengkliknya, membalasnya, atau bahkan menindaklanjutinya.

Beberapa mungkin memutuskan untuk beralih ke integrasi kehidupan kerja (yaitu menghabiskan waktu melipat pakaian sambil mendengarkan panggilan konferensi).

Namun, ingatlah bahwa Anda masih perlu menyeimbangkan "pekerjaan" dan "kehidupan" secara sadar, dan tidak membiarkan pekerjaan mengambil alih.

Oleh karena itu, setiap orang perlu menerapkan rutinitas, menetapkan batasan yang jelas, dan menciptakan semacam mantra untuk melindungi waktu pribadi mereka dan meningkatkan keseimbangan kehidupan kerja mereka.

Tetapkan batasan Anda

Hal pertama yang perlu Anda ketahui tentang mencapai dan meningkatkan keseimbangan kehidupan kerja adalah, hal itu tidak terjadi begitu saja. Keseimbangan kehidupan kerja yang harmonis dimulai dari Anda, secara proaktif menetapkan prioritas.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
Mohon tunggu...

Lihat Konten Worklife Selengkapnya
Lihat Worklife Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun