Mohon tunggu...
Mastiani Nurhalimah Ritonga
Mastiani Nurhalimah Ritonga Mohon Tunggu... Seniman - Yani Ritonga

UINSU

Selanjutnya

Tutup

Money

Jangan Investasi Emas di Tengah Pandemi Covid-19

17 Agustus 2020   18:58 Diperbarui: 17 Agustus 2020   19:23 116
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bisnis. Sumber ilustrasi: PEXELS/Nappy

Oleh : Zungkarnail Hrp
Mahasiswa UIN Sumatera Utara

Seperti yang anda tahu sejak pandemi covid'19 merebak diseluruh dunia, harga emas melambung tinggi tidak sedikit orang bilang emas merupakan investasi terbaik saat pandemi, tapi  apa benar begitu.
apakah kita harus menimbun emas juga.....?

Mungkin jawaban saya sedikit menegejutkan, emas bukanlah investasi yang bagus pada saat pandemi. Lalu mengapa saya sampai bisa menyimpulkan hal seperti itu? Nah, disni saya akan menjelaskan ada dua hal mendasari saya untuk menyimpulkan bahwa emas bukanlah investasi yang bagus saat pandemi covid'19 saat ini.

Saya akan bahas logika saya, yang pertama terlebih dahulu saya berpikir apa yang menyebabkan emas ini naik begitu tajam? Jawabannya disini sudah jelas emas naik karena adanya covid'19.

Tapi apa hubungannya covid'19 dengan naiknya harga emas yang begitu tajam? pertama banyak orang yang begitu takut dan tidak percaya mata uang dan juga ekonomi negaranya yang akhirnya mendorong mereka untuk selalu mencari penggantinya, jelas disini muncul jadi salah satu pilihan karena sudah menjadi kepercayaan manusia sejak jaman nenek moyang kita.

Terjadilah banyak pembelian akan emas yang menyebab kan harga nya ikut melambung nah samapai disini muncullah dua pertanyaan, logika saya yang pertama apa yang terjadi saat ekonomi berjalan normal kembali karena seperti yang kita tahudari pengalaman pandemi sebelumnya manusia selalu punya cara untuk memulihkan ekonominya.

Manusia telah melalui banyak sekali pandemi berbahaya seperti black plague, flu spanyol dan bahkan banyak pandemi yang masih berlanjut hingga saat ini meskipun pandemi tetap berlansung manusia tetap berhasil menemukan cara untuk mengatasinya sehingga ekonomi tetap berjalan sebagai mana mestinya.
Contohnya, pandemi AIDS. AIDS merupakan salah satu pandemi yang terus berjalan sampai saat ini. 

Nah, kembali lagi kepertanyaan utama, apa yang terjadi jika roda ekonomi telah berputar kembali seperti biasanya? jawabnnya sudah jelas semuanya akan mulai keja lagi. saat itu mereka yang tadinya menimbun emas akan membutuhkan modal dan disitu juga saya yakin banyak dari orang akan mulai menjual emasnya apa jadinya jika banyak orang mulai berbondong-bondong jual emas mereka lagi, ya jelas emas harga nya turun karena banyaknya orang berjualan emas nah itu tadi adalah logika saya yang pertama.

Logika saya yang kedua, tapi ini amit-amit ya jangan sampai terjadi. Yaitu, dunia (collapse), yang mungkin dunia akan hancur seperti yang ada di dunia kehancuran seperti film-film gitu. Nah, kalau dunia sudah seperti itu coba kalian pikir emang emas masih ada harganya? saya yakin sudah tidak ada harganya lagi, karena yang berharga adalah sember energi seperti air, pangan, listrik dan senjata untuk melindungi diri sendiri. 

Jadi apapun yang terjadi dunia mau normal atau maupu  hancur jika anda beli emas pada saat harga melambung tinggi seperti saat ini ujung-ujungnya sama ruginya tetapi jika anda tetap ingin membeli saya tidak akan melarang kan disini kita hanya bertukar pikiran saja. Ya! saya berharap anda sudah siap menerima resikonya atau telah memiliki jalan keluarnya, kecuali anda sudah beli emas sejak sebelum ada pandemi covid'19 tapi kalau boleh saya saranin! jika anda sudah punya emas sebelum pandemi covid'19 ya siap di jual aja mumpung harga lagi melambung tinggi kapan lagi cobak.

Akan tetapi apa sekarang ini sudah ada di harga yang paling tinggi, atau masih bisa naik lagi harganya? ya tentu saja bisa tapi bisa juga tidak namanya jugak trading kalau sudah untung secara normal, saya sarankan serakah karena kita itu hanyalah manusia biasa bukan 'jenayang' jadi tidak bisa tahu 100% harga tertingginya di titik mana yang bisa kita lakukan hanya memaksimalkan penghasilan saja.
Lalu jika emas bukan investasi yang bagus kita harus investasi dimana....?

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Money Selengkapnya
Lihat Money Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun