Mohon tunggu...
Mas Sura Al Jabantani
Mas Sura Al Jabantani Mohon Tunggu... -

Mas Sura Al Jabantani, seorang praktisi Metafisik yang mendalami ilmu kehidupan dari Jawa dan Banten. Bisa dihubungi di e-mail: massuraaljabantani@gmail.com / telp: 087776170677

Selanjutnya

Tutup

Catatan

Awas Wisata Religi Khusus yang Menyesatkan

17 Oktober 2013   12:43 Diperbarui: 24 Juni 2015   06:25 415
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Salam Perkenalan dari saya Mas Sura Al Jabantani. Saya bukan seorang paranormal, bukan seorang ustadz apalagi seorang Kyai. Saya hanyalah orang yang sejak kecil gemar belajar ilmu kehidupan, belajar ilmu-ilmu kasepuhan dari beberapa guru di Jawa hingga Banten. Saya lebih senang di sebut sebagai Praktisi Metafisika. Pekerjaan sehari-hari saya, adalah Pemandu Wisata Religi Khusus. Saya hanya bertugas untuk mengantarkan klien-klient saya untuk berkunjung / berziarah / bertafakur di tempat-tempat yang di yakini memiliki AURA POSITIF yang kuat, memiliki ENERGI POSITIF yang dahsyat dan juga diyakini sebagai tempat yang mustajab untuk memanjatkan doa kepada Allah SWT.

Seringkali saya melihat, mendengar dan mengikuti seseorang yang senang lelaku tirakat. Namun saya melihat banyak yang salah kaprah dalam menjalankan ritualnya. Ritual yang seharusnya hanya pasrah  memohon pertolongan dan keridhoan Allah SWT untuk  semua hajat hidupnya. Justru dilakukan dengan memohon doa kepada pohon besar, kuburan tua ataupun ditempat-tempat wingit yang dipenuhi dengan enegi-energi negatif. Banyak yang ingin memperoleh sesuatu dengan jalan instant, misalnya "mencari pesugihan" dengan menjadi hamba setan. Saya percaya kekuatan seperti itu ada dan dekat dengan kehidupan kita. Makhluk ghoib seperti jin dan setan pun saya yakini ada disekitar kita dan bahkan mungkin sangat dekat dengan kita dan kitapun bisa memanfaatkan kekuatan mereka jika kita mau menggunakannya. Namun, saya selalu sampaikan kepada klient-klient saya bahwa dzat yang paling layak harus disembah dan dimintai pertolongan hanyalah Allah SWT.

Namun kita juga harus memaklumi jika seseorang ingin memohon pertolongan Allah SWT untuk semua hajat hidupnya, membutuhkan pihak ketiga yang dia yakini akan lebih mempermudah doanya dikabulkan oleh Allah SWT. Makanya tak heran jika tempat-tempat "keramat" seperti makam-makam syeh / habib / sunan  dan Walyullah senantiasa ramai di ziarahi umat untuk memanjatkan doa. Saya selalu berusaha untuk berpikir positif bahwa mereka sedang mendoakan arwah dari jazad yang dimakamkan ditempat tersebut, saya yakin mereka memiliki tujuan untuk berdoa bagi arwah yang dimakamkan di tempat itu dan sekaligus berdoa bagi kepentingan dirinya ditempat yang diyakini memiliki karomah dan energi positif yang kuat.

Banyak juga klient saya yang rajin berkunjung ke pesantren-pesantren masyur seperti Pesantren Al Munawir Krapyak Bantul, Pesantren Suryalaya Tasik Malaya, Pesantren Tebu Ireng  di Kediri dan lain-lain untuk bertemu dengan Kyai disana untuk mohon dibantu doa atau didoakan agar semua masalah hidupnya diangkat oleh Allah SWT dengan peratara doa dari Kyai (yang diyakini memiliki kedekatan lebih  dengan Allah SWT).

Visi dan Misi saya menjadi guide Wisata Religi Khusus adalah ingin bermanfaat kepada orang-orang yang sedang dalam kondisi bingung, depresi, stress supaya mereka tetap memiliki keyakinan bahwa: 1. Semua yang terjadi adalah kehendak Allah SWT atas segala yang pernah kita lakukan dimasa lalu, sehingga tempat yang paling tepat untuk meminta pertolongan ya kembali kepada Allah SWT, 2. Kehidupan harus tetap berlangsung. Dalam kondisi seberat apapun masalah, dan Allah SWT masih memberi kita umur panjang dan bahkan kesehata, itu artinya bahwa Allah SWT masih memberikan kepercayaan kepada kita bahwa kita akan mampu mengatasi semua masalah kita, 3.Selama menemani melakukan wisata religi, saya selalu memberikan masukan-masukan positif dan realistis. Supaya klient tidak menjadi gelap mata dan kemudian menghalalkan segala cara untuk mencapai tujuannya.,4.Allah SWT selalu menciptakan sesuatu berpasang-pasangan dan roda senantiasa berputar, jadi jika saat ini kita sedang dirundung banyak masalah, pada dasarnya sebentar lagi kebahagiaan yang akan datang menyapa.

Belum lama ini saya bertemu dengan seorang bapak yang berusia sekitar 55 tahun. Beliau terlihat seperti sangat tertekan dan putus asa. kepada saya dia bilang:
"Tolong antarkan saya ketempat saya bisa dapatkan psugihan" katanya memelas,
saya jawab "Maaf pak, sebaiknya jangan karena resikonya besar",
"Saya siap dengan resiko apa saja. Yang penting saya dapat uang untuk melunasi hutang-hutang saya" jawab bapak itu serius.

Akhirnya sayapun menjawab: "Maaf, bapak sekarang sudah berumur 55 tahun, katakanlah bapak berhasil membuat perjanjian dengan setan untuk memperkaya bapak secara instant, maka kemungkinan besar bapak hanya akan menikmati kesenangan selama 5 atau 10 tahun saja. Setelah itu kemungkinan bapak akan meninggal dunia. Dan atas  konspirasi bapak dengan setan itu, maka arwah bapak akan menjadi hamba setan selama ratusan dan bahkan mungkin ribuan tahun. Dan bapak kemungkinan akan menderita selama itu" kata saya.

"Maksudnya ?", tanya bapak itu...

"Ya....bapak hanya akan menikmati kesenangan selama 5-10 atau 20 tahun saja, setelah itu arwah bapak selama ratusan tahun bapak akan menderita" jawab saya.

Jujur itu jawaban versi saya, sama sekali bukan jawaban dari seorang Ustadz ataupun Kyai. Hanya jawaban sederhana untuk mempermudah pemahaman orang yang saya ajak bicara. Namun teryata manjur. Akhirnya bapak itu menangis dan bilang "Terimakasih sudah di ingatkan....ya. Saya akan ikhtiar dengan cara yang lain saja, saya tidak mau sengsara selamanya....

Banyak orang yang mengalami depresi, trauma, stress dan membutuhkan teman untuk berbagi, tempat untuk mengeluarkan semua uneg-unegnya. Dan Insya Allah saya siap untuk menjadi "tempat sampah permasalahan" bagi mereka yang membutuhkanya. Saya bekerja halal menjadi guide bagi mereka, memandu mereka, mengarahan mereka dan Insya Allah tidak akan pernah menjerumuskan mereka.

Mohon tunggu...

Lihat Catatan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun