Mohon tunggu...
Mas Sam
Mas Sam Mohon Tunggu... Guru - Guru

Membaca tulisan, menulis bacaan !

Selanjutnya

Tutup

Hobi Pilihan

Menulis Itu Gampang, Tulis Saja Apa yang akan Kamu Tulis

5 Oktober 2021   10:49 Diperbarui: 5 Oktober 2021   10:54 160 21 5
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Hobi menulis (kompas.com)

Menulis itu gampang, begitu kata bukunya Arswendo Atmowiloto. Benarkah begitu?

Benar. Kita bisa menulis apa saja yang ingin kita tulis. Setidaknya begitulah menurut Aris Ahmad Jaya ABCo. Dalam sebuah webinar bertajuk 'Literasikan Dirimu' semalam.

Sesungguhnya menulis itu layaknya kita sedang berbicara. Mengeluarkan ide dalam kepala tidak dengan lidah. Melainkan memindahkan dengan tulisan.

Bahkan nara sumber yang dikenal dengan sebutan Mr. Sugesti Indonesia. Pendiri ABCo Caracter Building itu menyarankan untuk fokus menulis saja. Biarkan orang lain yang menjadi editornya.

Beliau mencontohkan bukunya yang berjudul '30 Hari Mencari Jati Diri'. Terbit dengan tidak melalui editing sama sekali. Dibiarkan alami tanpa polesan sama sekali.

Hal itu terjadi karena kalau penulis memikirkan kesempurnaan dalam menulis. Buku tidak bakalan terbit. Selalu saja merasa belum sempurna bukunya.

Peluang terbuka (reqnews.com)
Peluang terbuka (reqnews.com)

Peluang Sebagain Penulis

Terbuka peluang yang luas bagi seorang penulis. Tidak saja dapat menyampaikan ide-idenya kepada pembaca. Lebih dari itu.

Menulis menjadi penanda keberadaan seseorang. Hatta setelah yang bersangkutan telah meninggal dunia. Karya pemikirannya akan tetap abadi.

Pun dengan menulis terbuka untuk mendapatkan keuntungan secara finansial. Kuncinya sebagai penulis harus bisa merangkap sebagai tenaga pemasaran.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Hobi Selengkapnya
Lihat Hobi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan