Mohon tunggu...
Mas Sam
Mas Sam Mohon Tunggu... Guru

Membaca tulisan, menulis bacaan !

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama Pilihan

Bukan Hanya Sekedar Mengajarkan 4C, Guru Juga Harus Bisa Berkolaborasi

25 November 2020   12:53 Diperbarui: 25 November 2020   13:03 73 22 5 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Bukan Hanya Sekedar Mengajarkan 4C, Guru Juga Harus Bisa Berkolaborasi
materibelajar.co.id

Menyongsong perubahan global pemerintah melalui Kemdikbud sudah sejak lama meluncurkan program Pendidikan Ketrampilan Abad 21.

Ketrampilan abad 21 yang dimaksud adalah meliputi apa yang dikenal dengan sebutan 4C. Critical thinking and problem solving, Creativity, Communication skills dan Ability to work collaborately.

Pertama, berpikir kritis dan mengatasi masalah. Ketrampilan ini membekali siswa untuk menalar di tengah derasnya arus informasi sehingga bisa mengambil keputusan dengan tepat.

Kedua, siswa didorong untuk kreatif. Berani menampilkan gagasan/ide dan terbuka dengan masukan orang lain sehingga mampu mengembangkan gagasannya tersebut.

Ketiga, kemampuan berkomunikasi. Sepintar apapun seorang siswa kalau dia tidak bisa menyampaikan ide atau gagasannya kepada orang lain tidak akan ada artinya. Jadi siswa diajarkan untuk berani berkomunikasi dengan orang lain.

Terakhir, keempat adalah kemampuan bekerja sama dengan orang lain. Banyaknya gagasan yang muncul dalam suatu kerjasama akan melahirkan hasil yang lebih hebat. Dalam sebuah kerja sama dituntut adanya fleksibilitas dan kompromi. Tidak menang-menangan dan tidak baperan.

Harapannya dengan bekal ketrampilan abad 21 ini suswa dapat melewati derasnya arus informasi dan kuatnya persaingan pada dunia global.

Strategi Pembelajaran Ketrampilan Abad 21

kompas.co
kompas.co

Ketrampilan abad 21 akan efektif kalau dilaksanakan dengan strategi pembelajaran kooperatif. Pembelajaran kooperatif adalah suatu model pembelajaran di mana siswa belajar dan bekerja sama secara kokaboratif (Slavin, 2009).

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
VIDEO PILIHAN