Mohon tunggu...
Mas Sam
Mas Sam Mohon Tunggu... Guru - Guru

Membaca tulisan, menulis bacaan !

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Pilihan

Guru Inspiratif, Membangkitkan Mimpi Para Murid

25 November 2020   05:26 Diperbarui: 25 November 2020   05:29 202
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pada sesi Pelatihan Peningkatan Kompetensi Pendidik SMA beberapa waktu yang lalu seorang nara sumber menyuruh kami peserta pelatihan untuk menuliskan satu nama guru yang inspiratif.

Tanpa pikir panjang saya menuliskan seorang guru SD saya bapak Supardjan. 

Setelah semua peserta menuliskan nama guru inspiratifnya, peserta diharuskan menjelaskan kenapa guru tersebut dianggap menginspirasi.

Saya tanpa ragu menjelaskan bahwa beliau mengajarkam kepada murid-muridnya tentang kedisiplinan. Saya pun sepakat dengan motto beliau bahwa disiplin adalah kunci kesuksesan.

Bukan hanya mengajarkan. Pak Supardjan juga memberi contoh datang paling awal di sekolah. Waktu itu beliau dari rumah naik sepeda onthel yang berjarak sekitar 7 kilometer ke sekolah.

Ingat Umar Bakrinya Iwan Fals ya ?!

tribunnews.com
tribunnews.com

Membangkitkan Mimpi Murid

Sebetulnya bukanhanya seorang pak Pardjan yang menginspirasi dalam kehidupan saya. Masih ada beberapa guru yang secara tidak langsung mempengaruhi sikap dan perilaku saya sebagai seorang guru.

Sewaktu duduk di bangku SMP saya menyukai cara mengajar pak Ngadiman. Beliau mengajar bahasa Inggris. Semua orang pasti tahu kalau pelajaran bahasa Inggris itu ibarat mook yang menakutkan. Bahkan ada murid yang sampai nekad ngumpet di wc pas pelajaran bahasa Inggris.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun