Mohon tunggu...
Mas Sam
Mas Sam Mohon Tunggu... Guru

Seorang Guru lulusan IKIP Yogyakarta jurusan Pendidikan Dunia Usaha. Mengajar di SMAN 57 Jakarta mengampu mapel Ekonomi-Kewirausahaan. Gemar membaca dan suka menulis. Membaca tulisan, menulis bacaan !

Selanjutnya

Tutup

Sosbud Pilihan

Para Calon Pemimpin, Belajarlah dari Ketua OSIS

23 Oktober 2020   15:59 Diperbarui: 23 Oktober 2020   16:03 24 5 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Para Calon Pemimpin, Belajarlah dari Ketua OSIS
independensi.com

Saya terharu. Hari ini murid-murid saya melakukan sertijab kepengurusan OSIS secara virtual. Mereka belajar berdemokrasi.

Kondisi abnormal karena pandemi covid-19 memaksa dua agenda kesiswaan dilakukan secara virtual. Agenda pertama adalah LDKS, Latihan Dasar Kepemimpinan Siswa.

Pada situasi normal kegiatan LDKS biasanya dilakukan selama 3 hari dua malam. Selama.mengikuti LDKS siswa melakukan berbagai kegiatan yang berkaitan dengan kompetensi sebagai calon pemimpin.

Materi yang utama jelas seputar kepemimpinan, dari membuat proposal kegiatan, public speaking sampai character building. Siswa juga diajarkan tata cara penyelenggaraan diskusi atau seminar dan debat.

Siswa yang menunjukkan sifat-sifat kepemimpinan yang menonjol dan lulus LDKS akan diberikan kesempatan untuk maju menjadi ketua dan pengurus MPK/OSIS.

Agenda kedua sebagai inti dari kegiatan keaiswaan di sekolah adalah pemilihan ketua dan pengurus MPK/OSIS. Tahapannya mirip-mirip Pemilu/Pilkada. Diawali dengan penjaringan kandidat, pendaftaran dan kampanye.

Menariknya pada situasi pandemi ini semuanya dilakukan secara virtual. Untuk menarik dukungan dari teman-temannya setiap.kandidat harus bisa menarik simpati mereka. Di sinilah terlihat dengan jelas anak-anak jaman now begitu akrab dan piawai memanfaatkan teknologi informasi.

Mereka begitu lihai membuat poster digital maupun video kampanye. Mereka menggunakan pula media sosial lewat IG . Bahkan panitia pemilihan pengurus OSIS sangat apik mengorganisasi kampanye sekaligus pemilihan dengan menggunakan aplikasi Zoom.Meeting.

Hari ini puncak dari rangkaian pemilu siswa yaitu pelantikan ketua dan pengurus MPK/ OSIS. Saya bilang terharu karena anak-anak begitu dewasa menyikapi situasi pandemi dengan sangat baik.

Pada situasi normal mata acara kampanye itu begitu meriahnya. Para kandidat saling berebut simpati teman-temannya dengan berbagai kreasi. Dan itu semua sekarang dilakuakan secara cirtual. Hebat !

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x