Mohon tunggu...
Mas Sam
Mas Sam Mohon Tunggu... Guru

Memaknai sejatinya Pendidik dengan menulis.

Selanjutnya

Tutup

Cerpen

Kecele

9 Juli 2020   20:53 Diperbarui: 9 Juli 2020   21:00 44 10 3 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Kecele
Gramho.com

Sudah sebulan ini kampungku dilanda kasak-kusuk. Masyarakat tidak puas dengan kinerja para perangkat kampung. Mereka kurang koordinasi dalam bekerja.  Kesannya masing-masing ingin menonjolkan diri dialah yang paling bisa bekerja di hadapan pak Lurah. Begitu berita yang beredar di kampung.

Carik desa dinilai lambat menyampaikan kebijakan-kebijakan yang telah diambil oleh pak Lurah. Dia juga lambat melayani masyarakat yang mengurus surat-surat penting.  Jogotirto dirasakan tidak adil dalam menjalankan tugasnya, lebih mementingkan mengairi sawah-sawah kerabatnya saja. Akibatnya banyak sawah warga yang kekeringan. Gagal panen.  

Sedangkan Bayan yang bertugas mengembangkan potensi perekonomian masyarakat selalu berdalih uangnya tidak ada karena anggaran dari kas kampung belum cair. Bagaimana mau belanja kalo uangnya tidak ada, begitu alasannya. Sementara Mantri Picis berkilah baru akan menyalurkan anggaran apabila administrasi keuangan kampung diberesin terlebih dahulu.

Yang bikin masyarakat sebel Jagabaya dilihat kerjanya hanya petantang-petenteng, padahal banyak terjadi pencurian ternak dan tanaman warga.  Ayo dong kalian bantu menangkap maling-maling itu, jangan ngandelin keamanan saja. Begitu selalu alasanya kalo dilapori tentang peristiwa kemalingan.

Menanggapi keresahan masyarakat ini pak Lurah berjanji akan mengevaluasi kinerja para perangkat kampung. 

                                                         **

Sengaja aku berjalan melewati rumah pak Lurah.  Pagi begini pasti istri pak lurah sedang di rumah, sementara pak Lurah sedang ngantor di kantor kelurahan. Nah betul kan kataku, bu Lurah baru nyantai diteras.

"Selamat pagi bu Lurah. Udah nyante ni", kataku setelah memberi salam.

Tanpa dipersilahkan masuk aku langsung saja memasuki halaman rumahnya yang begitu luas dan asri itu.

"Iya ni duduk-duduk santai sambil ngeliatin bunga-bunga", jawab bu Lurah.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x