Mohon tunggu...
Mulyo Hartono
Mulyo Hartono Mohon Tunggu... Guru - Guru dan Melayani Konsultan Guru Online (WA 0858 8112 5448) Tanya Jawab Seputar Info Guru
Akun Diblokir

Akun ini diblokir karena melanggar Syarat dan Ketentuan Kompasiana.
Untuk informasi lebih lanjut Anda dapat menghubungi kami melalui fitur bantuan.

Memberi Informasi Seputar Guru

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Tantangan Guru ke Depan Semakin Berat

19 November 2019   19:52 Diperbarui: 19 November 2019   20:04 79 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Tantangan Guru ke Depan Semakin Berat
Upacara Bendera (dok pribadi)

Menjadi guru saat ini tidak hanya mengajar dan mendidik saja. Guru perlu inovasi dan mengikuti perkembangan teknologi yang begitu pesat. Teknologi dalam dunia pendidikan juga dirasakan oleh guru, berupa aplikasi dan online. Menjadi seorang guru harus siap menghadapi perkembangan zaman, dan inilah beberapa hal yang akan dihadapi guru kedepannya.

Pembelajaran Online

Pembelajaran secara online sudah tidak asing lagi, sudah banyak penawaran berupa aplikasi online maupun tutorial. Dan hal ini nanti pasti akan masuk dunia pendidikan kita dan guru sebagai pemegang kendalinya. 

Sebagai guru secara kemampuan diharuskan bisa, bagaimana guru yang sudah tua. Mau tidak mau inj sudah menjadi tantangan sendiri bagi guru mengikuti perkembangan teknologi. Sudah siapkah guru?

Evaluasi Pembelajaran Online

Dalam pembelajaran pasti ada evaluasi pembelajaran. Dimana evaluasi pembelajaran sebagai tolok ukur keberhasilan seorang guru dalam pembelajaran. Evaluasi pembelajaran online pasti akan menjadi pilihan nanti untuk evaluasi siswa. Dengan sistem evaluasi otomatis dimana sudah ada kunci dan nilainya otimatis muncul menjadikan guru mudah untuk melaksanakan evaluasi. Tapi sudah siapkah kemampuan guru.

Laporan Online Guru

Semua serba online, kata guru yang sudah tua. Sampai bingung apa itu online. Kegiatan online ini sangat terasa bagi guru yang sudah tua sampai mereka berucap lebih baik pensiun. 

Banyak kegiatan online yang harus dilakukan guru, ada sim pkb, info gtk dan kenaikan tingkat usul PAK lewat online. Ada juga untuk tunjangan tambahan kinerja yang dilakukan dengan cara online. Semua serba online, sudah siapkah guru?

Raport Siswa Online

Raport online ini adalah sebuah kegiatan guru dengan cara entry nilai siswa pada sebuah aplikasi yang disediakan oleh pihak yang berwenang.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN