Mohon tunggu...
Mulyo Hartono
Mulyo Hartono Mohon Tunggu... Guru dan Melayani Konsultan Guru Online (WA 0858 8112 5448) Tanya Jawab Seputar Info Guru
Akun Diblokir

Akun ini diblokir karena melanggar Syarat dan Ketentuan Kompasiana.
Untuk informasi lebih lanjut Anda dapat menghubungi kami melalui fitur bantuan.

Memberi Informasi Seputar Guru

Selanjutnya

Tutup

Pemerintahan

Materi SKD CPNS 2019 yang Wajib Dipelajari

15 November 2019   01:31 Diperbarui: 15 November 2019   01:37 0 1 0 Mohon Tunggu...
Materi SKD CPNS 2019 yang Wajib Dipelajari
Materi SKD (sumber: Tweeter @BKNgoid

Calon Peserta tes cpns 2019 nanti akan melakukan tes Seleksi Kompetensi Dasar bagi yang dinyatakan lulus administrasi dan mendapat nomor kartu peserta ujian. Masih banyak peserta terkadang bingung apa yang mereka pelajari sebelum tes cpns. Ada yang santai saja, yang penting ikut tes cpns. Ada juga yang bingung mencari bahan belajar untuk persiapan tes cpns. Untuk itu saya mencoba merangkung dari SUMBER terpercaya, yang bisa anda jadi pedoman belajar nanti saat tes cpns 2019.

Masih sama seperti tahun 2018 tes Seleksi Kompetensi Dasar meliputi Tes Karakteristik Pribadi, Tes Intelgensia Umum dan Tes Wawasan Kebangsaan. Kabar bagusnya nilai Passing Grade turun untuk tahun 2019 ini.

Baca ya : Passing Grade 2019 Turun, Untung atau Rugi

Jika anda termasuk calon peserta tes cpns 2019, maka anda wajib mengerti dan belajar materi Seleksi Kompetensi Dasar. Ada tiga kelompok materi soal SKD CPNS 2019 nanti yaitu TIU, TKP dan TWK. 

Tes Wawasan Kebangsaan tersebut mempunyai maksud dan tujuan untuk menilai calon cpns dari pengetahuannya, kemampuannya mengimplementasikan nasionalisme bela negara, integritas, Bahasa Indonesia serta Pilar Negara. Jadi untuk calon cpns harus lulus  materi SKD tersebut dengan mendapatkan nilai minimal 65.

Selanjutnya untuk Tes Karakteristik Pribadi calon pns dinilai dari perilakunya yang meliputi pelayanan publik, sosial budaya, jejaring kerja, profesionalisme, komunikasi serta teknologibdan informasi. Untuk nilai ambang batasnya minimal mendapatkan nilai 126.

Tes Intelgensia Umum (TIU) peserta wajib mendapat nilai minimal  85 dari materi soal kemampuan verbal, kemamluan vigural, kemampuan numerik. Perlu anda ketahui  kemampuan verbal meliputi analogi, silogime, dan analitis. 

Untuk numerik yang berhubungan dengan hitung, perbandingan kuantitatif, deret angka dan soal cerita. Sedangkan untuk kemampuan figural adalah mengukur kemampuan individu dalam nalar melalui perbandingan dua gambar, pola hubungan bentuk gambar serta perbedaan beberapa gambar.

Materi Seleksi Kompetensi Dasar seperti diatas adalah yang wajib dipelsjari oleh calon peserts tes cpns 2019. Jika anda lolos seleksi administrasi dan menjadi peserta ujian tes cpns 2019,pelajarilah dengan serius materi SKD tersebut.

Akhirnya saya hanya bisa memberikan sedikit materi SKD CPNS 2019 untuk dibuat belajar. Jangan malu bertanya pada kolom komentar. Jika ingin mengetahui kabar yang selalu saya update disini, folow saja saya.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x