Mohon tunggu...
Mulyo Hartono
Mulyo Hartono Mohon Tunggu... Guru dan Melayani Konsultan Guru Online (WA 0858 8112 5448) Tanya Jawab Seputar Info Guru
Akun Diblokir

Akun ini diblokir karena melanggar Syarat dan Ketentuan Kompasiana.
Untuk informasi lebih lanjut Anda dapat menghubungi kami melalui fitur bantuan.

Memberi Informasi Seputar Guru

Selanjutnya

Tutup

Edukasi Pilihan

Pengaruh Gadget Pada Anak, Positif atau Negatif

3 November 2019   04:43 Diperbarui: 3 November 2019   04:46 40 1 2 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Pengaruh Gadget Pada Anak, Positif atau Negatif
Sumber: Dokumen Pribadi

Era digitalisasi tidak dapat dihindari, baik untuk orang dewasa maupun anak-anak. Gadget seakan-akan sudah menjadi teman hidup sehari-hari. Bagaimana pengaruhnya untuk anak-anak menjadi pertanyaan yang sulit dijawab karena gadget juga sangat penting dalam kehidupan sehari-hari.

Sekarang mari bedah pengaruh positif gadget terlebih dahulu-untuk anak-anak. Smartphone menjadi sumber belajar yang sangat disukai anak, mulai dari gambar dan video youtube. Anak-anak cepat sekali bisa menirukan dari video youtube dari vokal maupun membaca serta belajar nama-nama hewan dan lainnya.

Sumber: Dokumen Pribadi
Sumber: Dokumen Pribadi
Anak-anak sudah sangat mahir menggunakan smartphone beda jauh dengan anak zaman dahulu. Dengan smartphone motorik anak juga sangat cepat terangsang karena audio visual yang dilihatnya. Dari segi positifnya berarti gadget sangat betpengaruh positif untuk perkembangan belajar anak.

Dilihat dari segi negatif juga tidak kalah, yang sering dirasakan adalah gangguan pada mata karena anak-anak bisa berjam-jam melihat smartphone. Apalagi saat bermain game, menonton youtube jadi lupa belajar mengerjakan PR. Jadi peran orang tua sangatlah penting untuk mendampingi anaknya bermain gadget. Ada semacam gerakan 18-21 yaitu gerakan tinggalkan smartphone pukul 18.00 sampai 21.00 demi kebersamaan keluarga di malam hari. Gerakan ini untuk menghidupkan kedekatan orang tua dan anak gara-gara asyik bermain dengan gadget. Kesimpulannya adalah peran orang tua menjaga anaknya agar pengaruh negatif gadget terhadap anak tidak terlanjur mengganggu kesehatan mata anak.

Baca Mau Jadi Guru Simpel, Pakai Fitur BCA Mobile

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x