Mohon tunggu...
Kiran Banget
Kiran Banget Mohon Tunggu...
Akun Diblokir

Akun ini diblokir karena melanggar Syarat dan Ketentuan Kompasiana.
Untuk informasi lebih lanjut Anda dapat menghubungi kami melalui fitur bantuan.

Seorang yang hobi ngeblog biar gak goblok dan senang banget belajar agar tak kurang aja. Blogger ndeso masuk kuto.

Selanjutnya

Tutup

Otomotif

Yamaha R25 dan Yamaha R15 : Kencang, Tangguh dan Keren

18 Juli 2014   23:36 Diperbarui: 18 Juni 2015   05:56 193 0 2 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Yamaha R25 dan Yamaha R15 : Kencang, Tangguh dan Keren
Yamaha R15 dan Yamaha R25 Motor Sport Racing dan Kencang

Akhrinya hadir juga Yamaha YZF-R25, dalam pandangan pribadi inilah motor sport yang paling keren. Itu sih asumsi saya ya, mungkin Anda punya pandangan yang berbeda. Tapi jika melihat body-nya, hampir mirip dengan M1 yang dikendarai Rossi. Yamaha R25 banyak di katakan lebih "keren" dari Honda CBR maupun Ninja 250. Apa benar? Yuk kita cari tahu seperti apa teknologi di kedua motor keren ini. [caption id="" align="aligncenter" width="650" caption="Sumber foto : otosia.com"][/caption]

Tidak saja mengandalkan teknologi, tetapi arsitektur pada bagiannya memungkinkan motor Yamaha R25 memenuhi keinginan dari sebuah sepeda motor sport fairing 250 cc yang mumpuni. Tenaganya akan terasa walaupun masih di gigi 1. Begitu sih kata sahabat yang punya motor sport keren ini. Salah satunya ada pada tata letak injeksi terhadap mesin, yang didesain dengan sebutan downdraft. Dengannya, perangkat penyemprot bahan bakar ini terhubung secara vertikal. "Desain mesinnya pakai downdraft. Dari injection vertikal menuju ruang bakar. Itu adalah karakter-karakter mesin ber-RPM tinggi," kata M Abidin, GM Service dan Motorsport Yamaha Indonesia Motor Manufacturing.

Pengaturan yang demikian berujung pada hasil tertentu. M Abidin menambahkan bahwa Yamaha memang memiliki alasan atas rancangan mesin ini. "Kenapa dibuat downdraft? Ini karena alirannya maunya tidak ada hambatan," ujarnya. Speedometer Yamaha R25 bisa menunjukkan lampu peringatan kapan penunggangnya harus pindah gigi ketika putaran mesin sudah mencapai puncaknya. Nah ini pun juga bisa dirasakan di Yamaha R15, walaupun menurut saya sih Yamaha R15 masih kalah kelas dengan Yamaha R25 ini. Menurut Fajar dari Technical Publication Yamaha Motor Indonesia, spesifikasi standar pabrik untuk tiap perpindahan gigi adalah 7.000 RPM. Namun, dia menyebutkan bahwa putaran mesin itu bisa disetel ulang bahkan hingga mentok di 15.000 RPM. Seperti yang saya singgung diatas bahwa Yamaha Indonesia sendiri sebelumnya terang-terangan mengatakan bahwa motor 250 cc mereka ini punya tenaga di atas Ninja dan CBR250R. Jika YZF-R25 ada di 36 PS, power maksimum Ninja 250 ada di angka 32 PS. Sementara itu, Honda CBR250R berada di angka 29 PS pada 9.000 RPM. Memang sih Yamaha R15 jauh diatas Yamaha R25, namun dalam kacamata pribadi, motor sport ini patut juga di coba. Soal harga sih, Yamaha R15 emang kurang dari 30 juta. Namun demikian saya bisa menyimpulkan bahwa Yamaha R15 dan Yamaha R25 Motor Sport Racing dan Kencang yang ada di kelasnya. Yamaha R25 yang paling kencang di kelas 250 cc. Jadi tunggu apalagi, datang dulu ke daeler Yamaha, lihat-lihat dulu. Mana tau ada yang cocok. Salam.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x