Mohon tunggu...
MJK Riau
MJK Riau Mohon Tunggu... Administrasi

Lahir di Jogja, Merantau di Riau

Selanjutnya

Tutup

Bola Pilihan

Rontok di Liga Champions, Tim Inggris Berjaya di Liga Eropa?

6 Mei 2019   07:26 Diperbarui: 6 Mei 2019   07:39 0 1 2 Mohon Tunggu...
Rontok di Liga Champions, Tim Inggris Berjaya di Liga Eropa?
sumber: https://bola.okezone.com

Kompetisi ketat Liga Inggris, mampu memberikan peluang besar bagi klub-klub Inggris untuk bersaing di kompetisi Eropa baik di Liga Champions, maupun di Liga Eropa. Tidak kurang dari City, Liverpool, Spurs, MU sampai di babak knock out  Liga Champions. Spurs dan Liverpool bahkan sampai semifinal Liga Champions. Begitu juga dengan Arsenal dan Chelsea sudah sampai di babak semifinal Liga Eropa, bahkan berpeluang mendorog terjadinya All Inggris Final di Liga Eropa. 

Namun hari hari terakhir di babak semifinal Liga Champions, tim-tim Ingris rontok di Liga Champions. Awalnya dimulai dari MU yang harus menelan pil pahit karena dihempaskan Barca di perempat final. 

MU yang membuat kejutan di babak 16 besar, karena mampu membalikkan keadaan bahkan dikandang PSG, sehingga mampu lolos ke perempat final. MU bersama-sama tim Inggris lainnya, City, Liverpool, Spurs lolos ke perempat final Liga Champions, yang membuat tim tim dari Liga Inggris menjadi tim yang paling banyak lolos di babak knock out Liga Champions. 

Langkah MU yang terhenti di perempat final Liga Champions karena keperkasaan Barca, ternyata diikuti nasib buruk City. City gagal lolos ke semifinal, karena kalah agregat dengan Spurs, walau pun berhasil menang pada saat menjamu Spur, pada leg II di Etihad Stadium. 

sumber: https://bola.republika.co.id
sumber: https://bola.republika.co.id

Spurs berhasil lolos ke semifinal Liga Champions dengan status tim pembunuh raksasa. Spurs mampu membuat Dortmund raksasa Bundesliga terhenpas dari babak 16 besar Liga Champions. 

Spur juga beruntung menang dramatis dengan City sebagai raksasa Liga Primer Inggris. Namun keberuntungan Spurs hilang ketika harus menjamu Ajax, tim pembunuh raksasa lainnya. 

Seperri halnya MU yang dianggap beruntung mampu mengkandaskan PSG, Spurs juga dianggap beruntung, mampu menjegal City.  Namun keberuntungan tidak pernah terjadi dua kali. 

Spurs kehilangan kesempatan memenangkan laga kandang ketika menjamu Ajax di Spurs Stadium. Ajax yang juga mendapat predikat sebagai tim pembunuh raksasa di Liga Champions musim ini, karena mampu mengkandaskan Madrid raksasa La Liga dan Juventus raksasa Serie A, ternyata tampil energik dan mampu menang lawan Spurs di laga tandang. 

sumber: https://bola.okezone.com
sumber: https://bola.okezone.com

Liverpool yang sangat bersemangat untuk meraih gelar pada musim ini, baik di Liga Primer Inggris mau pun Liga Champions, juga mengalami nasib sial di semifinal Liga Champions. 

Liverpool yang begitu gagah ketika tampil menggilas Huddersfield 5 gol tanpa balas, sebelum jumpa Barca di semifinal, ternyata justru kalah tragis pada saat menjalani laga tandang di Camp Nou, kandang Barca. Liverpool yang tampil agresif dari babak pertama, harus mengakui kehebatan seniman sepakbola dunia, Messi. 

Messi sempat melesakan 2 gol ke gawang Allison, penjaga gawang termahal di dunia, yang dimiliki Liverpool, setelah didahului aksi haus gol Suarez, penyerang handal Liverpool pada duet SS Suarez Sturridge pada jaman Rodgers menjadi manajer Liverpool.  Seperti halnya Spurs, peluang Liverpool untuk lolos ke final Liga Champions sudah tipis.     

Pada saat tim-tim Inggris rontok di Liga Champions, Arsenal dan Chelsea justru menuai hasil positif di Liga Eropa. Arsenal yang mampu lolos ke semifinal Liga Eropa setelah berhasil mengkandaskan Napoli, di semifinal mampu menang dengan gagah saat menjamu Valencia jago La Liga. Ada pun Chelsea beruntung dapat meriah poin di laga tandang dengan bermain seri lawan Frankurt jagoan Bundesliga. 

Memang baik arsenal mau pun Chelsea masih harus menjalani leg II di Liga Eropa, seperti halnya Spurs dan Liverpool, namun peluang Arsenal dan Chelsea  untuk lolos ke final, jauh lebih baik dari pada Spurs dan Liverpool. 

Situasi dunia terbalik di tim tim Liga Primer Inggris seakan terjadi. Pada saat tim-tim level tinggi seperti City, Liverpool dan Spurs rontok di Liga Champions, maka Arsenal dan Chelsea sebagai wakil tim Inggris berjaya di Liga Eropa. 

sumber: https://bola.kompas.com
sumber: https://bola.kompas.com