Mohon tunggu...
Bagus Supriadi
Bagus Supriadi Mohon Tunggu... Penulis

Belajar menulis sampai mati

Selanjutnya

Tutup

Digital Pilihan

Kartu Tri Masuk Pelosok Desa? Ini Manfaatnya bagi Negara

23 Juni 2020   00:32 Diperbarui: 23 Juni 2020   00:23 92 2 3 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Kartu Tri  Masuk Pelosok Desa? Ini Manfaatnya bagi Negara
foto diambil dari www.tri.co.id

Bondowoso merupakan kota kecil yang terletak bagian timur Provinsi Jawa Timur. Kota terpencil yang tak banyak dikenal oleh orang lain. Kota ini dikelilingi oleh Gunung Argopuro, Ijen dan Raung.. Berdasarkan data BPS Bondowoso tahun 2020, penduduknya hanya sekitar 778.789 orang

Warga Bondowoso menyebut kota ini dengan kota pensiun. Alasannya karena kota ini cukup sepi dari lalu lalang kendaraan. Ada juga yang menyebut kota ini sebagai kota tape. Karena banyak warga yang menghasilkan makanan tape.

Bahkan, kota Bondowoso sempat disebut dengan kota karapan sapi. Sebab, dahulu kerap ada kegiatan karapan sapi. Untuk meneguhkan sebagai kota karapan sapi, pintu masuk menuju Bondowoso dibangun patung adu sapi. Yakni di jalur arak-arak.

Hanya saja, patung tersebut sudah hilang seiring dengan perkembangan zaman. Bondowoso tak lagi dikenal dengan kota karapan sapi. Bahkan, hampir tak pernah ada kegiatan karapan sapi di kota ini.

Terbaru, kota ini menamakan dirinya sebagai republik kopi. Kota yang memiliki kekayaan alam berupa perkebunan kopi. Banyak masyarakat yang berkebun sebagai petani kopi. Sebutan ini terus menggema seiring dengan kemajuan teknologi.

Nama Republik Kopi Tenar Melalui Internet

Kecanggihan teknologi tak hanya dinikmati oleh masyarakat perkotaan. Namun, warga pelosok juga sudah bisa menikmatinya. Internet sudah bisa diakses walaupun berada di atas pegunungan. Tak terkecuali di Bondowoso.

Misalkan, kartu Tri Indonesia sudah masuk Bondowoso dengan signal yang memadai. Akses mudah ini semakin membuat kota Bondowoso menjadi terkenal. Terutama dalam sebutan sebagai republik kopi.

Bila kita mengetik nama "Republik Kopi" di mesin pencari google, maka yang muncul adalah kabupaten Bondowoso. Warga Bondowoso bangga dengan sebutan baru tersebut. Sebab, mereka memiliki semangat baru dalam memperkenalkan potensi daerahnya.

Potensi kopi di Bondowoso terdapat di berbagai Kecamatan, mulai dari Kecamatan Ijen dengan keunggulan kopi arabika. Di Kecamatan Pakem dan Kecamatan Maesan yang dekat dengan pegunungan argopuro dan kecamatan lainnya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x