Mohon tunggu...
Sergio Pattipeiluhu
Sergio Pattipeiluhu Mohon Tunggu... Psikolog - Mahasiswa

Mahasiswa

Selanjutnya

Tutup

Bola

Power of Asia!!

5 Desember 2022   12:03 Diperbarui: 5 Desember 2022   12:34 88
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bola. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Freepik

World Cup 2022 Qatar sudah resmi dimulai sejak 20 November 2022.  Tahun ini piala dunia terdiri dari 32 tim dan terbagi menjadi 8 grup. 

World Cup 2022 dibuka dengan pertandingan antara tim tuan rumah Qatar yang harus tunduk menghadapi tim asal Amerika selatan, Ekuador. Pertandingan tersebut berakhir dengan skor 2-0 untuk kemenangan pasukan La Tri. 

Ada yang menarik dengan piala dunia tahun ini, tim-tim asal benua Asia banyak memberikan kejutan dan menjadi tim kuda hitam yang menakutkan. 

Dimulai dengan timnas Arab Saudi yang berhasil membunuh raksasa asal Amerika Selatan, Argentina dengan skor tipis 2-1. Gol yang dilesatkan oleh Messi diawal babak pertama, mampu dibalas 2 gol oleh Arab Saudi di babak kedua melalui gol Al Shehri pada menit ke-48 dan gol Al Dawsari pada menit ke-53. 

Selain Arab Saudi, timnas Jepang juga menjadi pembunuh bagi tim-tim raksasa eropa. Keganasan Jepang dimulai dengan mengalahkan juara dunia 2014 Der Panzer dengan skor 2-1. 

Sama nasibnya seperti Tim Tango, timnas Jerman mampu unggul lebih dulu pada menit ke-33 melalui gol titik putih Ilkay Gundogan. Gol tersebut mampu dibalas oleh Samurai Biru melalui gol Ritsu Doan pada menit ke-75 dan gol Takuma Asano pada menit ke-83. 

Berbeda dengan Arab Saudi dan Jepang, timnas Korea Selatan hanya mampu bermain imbang 0-0 menghadapi Uruguay pada pertandingan pembuka grup H (Kamis/24/11/22).

Sedangkan tim benua Asia lainnya timnas Australia dan timnas Iran tidak mampu berbuat banyak. Australia dihancurkan oleh juara dunia edisi sebelumnya timnas Prancis dengan skor akhir 4-1. Sedangkan timnas Iran harus tunduk di hadapan timnas Inggris dengan skor cukup telak 6-2 

Namun sangat disayangkan timnas Arab Saudi, timnas Jepang, timnas Korea Selatan dan tuan rumah Qatar harus tunduk di hadapan lawannya pada pertandingan kedua.

Arab Saudi harus mengakui keunggulan timnas Polandia, Jepang harus takluk ditangan Kostarika dengan skor tipis 1-0, Korea Selatan harus tunduk dihadapan Ghana dengan skor tipis 3-2, dan tuan rumah Qatar harus takluk dengan skor meyakinkan 3-1 atas timnas Senegal, hal tersebut sekaligus membuat Qatar harus tersingkir dirumah sendiri. 

Berbanding terbalik dengan ketiga tim tersebut, justru timnas Iran dan Australia meraih kemenangan perdananya. Iran berhasil menaklukan Gareth Bale dkk dengan skor 2-0, sedangkan Australia berhasil mengalahkan Tunisia dengan skor tipis 1-0.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Bola Selengkapnya
Lihat Bola Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun