Mohon tunggu...
Chuck Wisnoe
Chuck Wisnoe Mohon Tunggu... Day by Day....

Freelance

Selanjutnya

Tutup

Kuliner Pilihan

Soto Daging Kediri, Kuliner Favorit Warga Kediri Raya

15 Februari 2021   22:00 Diperbarui: 16 Februari 2021   00:09 455 4 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Soto Daging Kediri, Kuliner Favorit Warga Kediri Raya
Soto Daging Kediri ( idntimes.com )

Sudah beberapa artikel saya upload untuk menampilkan keragaman budaya kuliner di tanah air, terutama di Jawa Timur. Mulai dari Tahu Tek, Soto Ayam Lamongan, Semanggi, Tahu Campur Lamongan  dan lainnya.  Kiranya ini ada kesempatan untuk menampilkan satu lagi makanan khas dari Kota Kediri. 

Selama ini mungkin saja, Kota Kediri lebih dikenal karena " tahu " nya, mengapa bisa demikian ?  Tahu Kediri memang  punya nama begitu populer selama ini, kalau orang menyebut nama Kediri , pasti yang diingat tahu nya.

Mungkin karena tahu Kediri merupakan jenis  panganan yang bisa dibawa sebagai oleh - oleh, jadi nama tahu Kediri sudah menyebar terlebih dahulu dan dikenal di daerah lain  jika dibandingkan dengan panganan lainnya yang sifatnya tidak bisa di bawa sebagai buah tangan atau oleh - oleh. 

Setahu saya, sebenarnya ada beberapa makanan khas Kediri yang juga sebagai kuliner favorit disana, seperti Nasi Goreng Kediri, Nasi Pecel Kediri dengan Sambal Tumpangnya  dan Soto Daging Kediri. 

Kali ini, kuliner yang menarik perhatian saya adalah Soto Daging Kediri. Dengan rasanya yang khas, soto ini layak diperhitungkan dalam deretan kuliner favorit di Nusantara. 

Ada yang unik di dalam kiprah Soto Daging Kediri dibelantika kuliner di Jawa Timur. Keunikan itu adalah  " Soto Daging Kediri tidak perlu keluar kandang untuk bisa menjadi terkenal " seperti Soto Madura, saudaranya itu. Cukup hanya " stay " di kota asalnya,  Soto Daging  Kediri sudah menjadi makanan favorit sehari - hari bagi masyarakat disana.

Inilah keunikan dan kehebatan Soto Daging Kediri. Jadi kalau Anda ingin merasakan bagaimana nikmatnya  Soto Daging Kediri, ya  Anda harus datang langsung ke Kota Kediri. Tak ada yang melarang untuk datang ke Kota Kediri,disana masyarakatnya welcome banget, saling menghormati dan grapyak . 

Racikan bumbunya membuat Soto Daging Kediri memiki rasa yang khas dan  pas rasanya. Kalau malam hari,  banyak bertebaran pedagang Soto Daging Kediri di seantero kota. Dengan tipikal Kota Kediri yang tidak begitu ramai lalu - lintasnya dan kecil,  tidak seperti Kota Surabaya yang begitu luas dan padat.

Jadi Anda akan dengan mudah dan dekat saja jika mau berwisata kuliner disana. Apalagi kalau malam, hawa sejuk Kota Kediri terasa banget, anginnya kencang kalau malam, mungkin ini yang membuat wisata kuliner disana lebih hidup di  malam hari. Sampai tengah malam, bahkan sampai menjelang pagi, Anda masih  bisa menemukan penjual Soto Daging  Kediri. Anda bisa jumpai penjual Soto Daging  Kediri, diantaranya di Jl. Doho, Jl. Brawijaya, Jl. Banjaran, Jl. Panglima Polim dan sebagainya. 

Soto Daging Kediri biasanya disajikan di dalam mangkuk, pakai nasi, ada juga usus, babat dan paru goreng sebagai lauk tambahannya. Rasa pedas Soto Daging Kediri bukan pakai sambal tetapi menggunakan lombok / cabe rawit yang digerus pakai sendok oleh penjualnya. Anda mau pedas level berapa, tinggal bilang saja ke penjualnya. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x