Mohon tunggu...
Chuck Wisnoe
Chuck Wisnoe Mohon Tunggu... Wiraswasta - The cool.....

What is done in a hurry is seldom done well

Selanjutnya

Tutup

Diary

Tiba-tiba Tercium Bau Harum Bunga Melati, Ada Yang Datang ?

10 Februari 2021   14:31 Diperbarui: 11 Februari 2021   22:30 71548
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bunga Melati ( bibitbunga.com )

Pernahkah kita mencium bunga yang lagi merekah di ujung tangkainya ? Pasti harum baunya karena hidung kita langsung bersentuhan dengan bunga itu. Bunga kemuning jawa, melati, semboja,sedap malam memiliki aroma bau yang khas menunjukkan jati dirinya.  

Akan tetapi apa jadinya jika tiba - tiba hidung kita mencium bau bunga yang terasa kuat  pada saat kita sendirian,  padahal tidak ada bunga sama sekali  dan yang pakai parfum  di sekitar kita. Pasti kita akan celingak - celinguk keheranan melihat sekeliling kita.  Biasanya yang sering muncul adalah bau harum bunga melati atau kadangkala bau wangi yang tak bisa kita identifikasi bau dari bunga apa. 

Saya yakin anda pasti pernah mengalaminya  sendiri, ya khan ? Anda pasti pernah browsing melihat referensi di internet , kalau bau harum bunga tertentu menunjukkan sesuatu yang tak kasat mata berada diantara anda. Saya pun juga demikian, melihat blog yang membahas harum bunga yang datang semerbak secara misterius. 

Kebanyakan referensi yang saya baca, mengatakan  jika ada bau harum bunga yang " ujug -ujug " muncul di depan hidung kita biasanya lagi ada mahkluk halus hadir. Mitosnya , Sundel bolong , jin , gendruwo dan sebagainya yang pokoknya menyeramkan tampangnya itu yang dimaksud. 

Beda lagi dengan pemahaman saya mengenai bau bunga misterius itu. Bagi saya ( pernah mengalami sendiri ) bau harum bunga justru menandakan kehadiran gaib arwah leluhur kita sendiri.  Bolehkan khan saya berasumsi beda dengan apa yang menjadi mitos selama ini ?

Kejadian bau harum bunga melati semerbak di depan hidung saya menjadi bukti bahwa pendapat saya berbeda dengan asumsi orang lain. Begini ceritanya, kala itu saya lagi meracik bumbu halus rawon yang rencananya untuk memperingati 5 tahun meninggalnya Ibu saya. 

Anda pasti tahu bahwa salah satu rempah bumbu  rawon adalah bawang merah. Kira - kira jam 11 malam , saya lagi mengupas  1 ons  bawang merah. Anda tahu khan,  bau khas bawang merah itu menyengat banget. 

Pada saat saya mengupas bawang merah , tiba -tiba hidung saya mencium bau  harum bunga melati yang sangat kuat. Saking kagetnya , saya berdiri dari duduk saya. Saya heran, kok bau melati mengalahkan bau bawang merah ? Menurut anda pasti yang paling bau adalah bawang merahnya, tetapi ini justru yang tercium bau harum bunga melati saja seakan bau bawang merahnya hilang sekejap.

Kejadian bau bunga melati itu tak berlangsung lama, hanya sepintas saja terus hilang entah kemana. Dari kejadian ini, saya baru sadar bahwa saya lagi di dekati sama arwah Ibu saya sendiri. Mengapa demikian, karena saya waktu itu sedang membuat bumbu rawon untuk acara selamatan Ibu saya , yang akan digelar besok sore. Disamping itu, rawon adalah salah satu masakan yang paling disukai oleh almarhum Ibu. Mungkin waktu itu , saya lagi disambangi sama almarhum Ibu saya tercinta.

Anda pasti  juga tidak  percaya kalau saya piawai memasak rawon, makanan khas Jawa Timur yang cukup dikenal ini.  Saya bisa memasak rawon karena mendapat resep rahasia cara memasak rawon dari Ibu saya sendiri. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Diary Selengkapnya
Lihat Diary Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun