Mohon tunggu...
Chuck Wisnoe
Chuck Wisnoe Mohon Tunggu... Day by Day....

Freelance

Selanjutnya

Tutup

Transportasi

Sepeda Motor Anti Mogok Walaupun Menerjang Banjir

1 Februari 2021   12:22 Diperbarui: 3 Februari 2021   15:19 143 3 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Sepeda Motor Anti Mogok Walaupun Menerjang Banjir
Sepeda Motor ( Dokpri )


 

Naik sepeda motor mogok pas menerjang banjir pasti menjengkelkan banget deh. Maklum ini khan lagi musim hujan , seringkali  intensitas  hujan tinggi sekali  dan yang pasti jalanan tidak lama akan  tergenang air alias banjir. Jalan raya banjir ....??? Itu sudah biasa kalau hujannya lebat banget dan lama , so pasti selokan / saluran drainase tidak akan mampu  mengalirkan dan membuang air menuju dataran yang lebih rendah atau ke laut dengan  cepat.  Kayak jomblo pergi ke laut aja....

Memang banjir membuat resah banyak orang di jalan , walaupun genangan airnya hanya setinggi 30 - 40 cm. Kalau sudah begini kondisinya maka akan mengganggu pengguna jalan terutama orang - orang yang mengendarai sepeda motor. Hal yang pasti kalau para pengendara motor nekat menerjang banjir itu maka kemungkinan besar sepeda motor mereka akan mogok di tengah jalan. Iya kalau yang kendaraannya mogok cuman 1 orang , lha kalau banyak yang mogok di jalan pasti akan terjadi kemacetan. Ini bukan salah yang kendaraannya mogok akan tetapi adanya banjir itu yang jadi penyebab kemacetan. 

Saya punya tips untuk yang mungkin bisa diaplikasikan untuk mencegah atau membuat motor tetap hidup dan jalan walaupun menerjang banjir , tapi bukan banjir setinggi rumah lho....., ya genangan air setinggi 30 sampai 40 cm yang masih bisa diterjang. 

Okay , sebenarnya simple  penyebab sepeda motor anda mogok saat menerjang banjir karena cop busi kendaraan terkena cipratan atau terendam air. Contoh nya seperti gambar berikut ini yang menunjukkan cop busi yang tanpa ada rekayasa. Dengan kondisi cop busi seperti ini motor akan mudah mogok jika kena air. 

Cop Busi Tanpa  Sentuhan  ( Dokpri )
Cop Busi Tanpa  Sentuhan  ( Dokpri )
Sebenarnya mudah saja untuk mengakali cop busi supaya tidak mudah mati jika kemasukan air. Caranya : 

1. Busi anda kondisinya baru atau lama ? Kalau lama , ganti.dengan yang baru 

2. Blebet cop busi dengan plester Lakban warna  hitam ( lakban besar ). Anda bisa lihat di gambar ke 2 , yaitu blebetan lakban mulai dari kabelny busi sampai ujung cop busi .Anda blebet agak tebal ya baik di copnya busi sampai ke kabel nya. Ini gambarnya cop busi yang sudah diblebet lakban

Cop Busi Sudah Diblebet Lakban|Dokpri
Cop Busi Sudah Diblebet Lakban|Dokpri
Metode ini orisinil kreasi saya sendiri. Sudah saya saya buktikan sendiri  berulangkali menerjang banjir  di kota Sidoarjo, orang lain pada mogok sepeda motornya , saya lolos melewati banjir. Padahal sepeda motor saya sudah tua tahun 2010 , itu  di depan  gambar sepeda motor kesayangan saya.

Pesan saya yang paling penting , jika cop busi sepeda motor anda sudah diblebet lakban maka pada saat menerjang banjir dimana  porsneleng harus di posisi gigi 1 terus sampai melewati banjir. Dan Ingat , besoknya anda harus  segera ganti oli mesin , kendaraan anda karena dikuatirkan ada air masuk ke mesin sepeda motor. 

Semoga bermanfaat. Salam

Sidoarjo. February 1st,, 2021

VIDEO PILIHAN