Mohon tunggu...
Ahmad Indra
Ahmad Indra Mohon Tunggu... Swasta

Aku ingin begini, aku ingin begitu. Ingin ini ingin itu banyak sekali

Selanjutnya

Tutup

Balap Artikel Utama

Elena Myers, Talenta yang Terjegal oleh Trauma Seksual

26 Juli 2020   02:48 Diperbarui: 30 Juli 2020   02:18 2690 31 5 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Elena Myers, Talenta yang Terjegal oleh Trauma Seksual
Elena Myers | Crash.net

Nama Elena Myers mungkin tak familiar di telinga, termasuk bagi para penggemar balap motor sekali pun. Meski begitu, wanita kelahiran November 1993 telah mencatat rekor cemerlang di karier profesionalnya yang singkat.

Mulai Membalap di Usia Belia
Elena kecil mulai membalap dengan pocket bike berkapasitas 35 cc. Bakat dan kemauan segera mengantarkannya pada jok minibike hingga akhirnya berkenalan dengan mesin supermoto 80 cc. 

Pada usianya yang ke-13, dia menapak di kejuaraan grand prix motor yang diselenggarakan di Amerika Serikat (USGPRU). Kala itu Elena tampil di kelas 125 cc. 

Adalah John Ulrich, pemilik tim balap Team Hammer yang melihat bakat Elena dan kemudian menyerahinya sebuah Honda RS 125 cc rakitan 1997. Team Hammer sendiri adalah sebuah tim yang didirikan oleh Ulrich dan seorang pebalap profesional, Bruce Hammer, pada 1980. Tim ini kemudian berkembang menjadi salah satu tim besar di AS hingga kini. 

Kompetisi itu diikuti Elena hingga 2009 di mana usianya genap 16 tahun. Banyak podium dikoleksinya termasuk di antaranya beberapa kemenangan.

Hingga pada November 2009, saat dia mendapatkan lisensi untuk membalap di ajang yang diselenggarakan oleh American Motorcyclist Association (AMA), Ulrich berniat membawa gadis itu ke kejuaraan AMA Pro Supersport 600 cc.

Musim 2010 menjadi debutnya di ajang kejuaraan AMA Pro. Berbekal Suzuki GSX-R 600 yang diracik kru Team Hammer, Elena melanglang di 10 sirkuit yang masuk dalam kalender balap selama semusim.

Rekor Yang Dicatat Myers
Infineon Raceway (kini Sonoma Raceway) yang menjadi seri ke-4 musim 2010 menjadi saksi bagi rekor yang diciptakan Elena. 

Pada Race 1, Elena berhasil meraih kemenangan pertamanya. Raihannya itu menjadi luar biasa sebab dia pun menjadi pebalap wanita pertama yang mampu menjadi kampiun di kelas itu.

Kemenangan pertama Myers di Infineon Raceway pada 2010 | Visordown.com
Kemenangan pertama Myers di Infineon Raceway pada 2010 | Visordown.com
Di akhir musim, ia pun mencatatkan diri di papan atas yakni posisi ke dua klasemen akhir untuk West Championship. Kejuaraan AMA Pro saat itu, tepatnya dari musim 2009 hingga 2013, terbagi menjadi 3 bagian yakni West, East dan National Championship.

Di tahun 2011, posisinya melorot ke ranking 5. Hal itu tak lepas dari absennya wanita mungil itu pada 3 balapan akibat cedera pergelangan tangan. Dari seluruh seri yang dijalaninya, Myers mampu mengoleksi 1 podium ke tiga dan 5 kali finish di posisi lima besar.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN