Mohon tunggu...
Ahmad Indra
Ahmad Indra Mohon Tunggu... Swasta

Aku ingin begini, aku ingin begitu. Ingin ini ingin itu banyak sekali

Selanjutnya

Tutup

Balap Pilihan

MotoGP: Geliat Pabrikan dan Opera Sabun Demi MotoGP Menarik

25 November 2019   16:21 Diperbarui: 27 November 2019   12:46 0 4 1 Mohon Tunggu...
MotoGP: Geliat Pabrikan dan Opera Sabun Demi MotoGP Menarik
Pembalap LCR Honda, Cal Crutchlow mencoba mesin RC213V versi 2020 pada test pra musim di sirkuit Valencia | Foto Motogp.com

Andrea Ianone marah besar. Pembalap Italia itu harus mengakhiri tes pra musim hari ke dua (19/11) di sirkuit Ricardo Tormo, Valencia di atas kobaran api. Aprilia RS-GP yang ditungganginya tiba-tiba mengeluarkan api dan terbakar. Beruntung the Maniac tak mengalami cidera. Luapan emosi ditumpahkannya kepada kepala kru, Pietro Caprara dan juga sang direktur teknis, Romano Albesiano. 

CEO Aprilia, Massimo Rivola pada penghujung musim ini sempat menjanjikan motor yang benar-benar baru kepada tim Motogp Aprilia. Di tahun ke limanya kiprahnya di Motogp, Aprilia belum juga menunjukkan performa ciamiknya. Musim 2019 diakhiri pabrikan Italia itu di posisi ke-14 lewat Aleix Espargaro dan trap ke-16 oleh Andrea Ianone.

Hasil Positip KTM dan Suzuki 

Tren positip justru didapatkan tim Red Bull KTM. Tim yang ditinggalkan Johann Zarco pada pertengahan musim itu sempat mencatat waktu tercepat ke dua di bawah Marc Marquez. Lewat betotan gas Pol Espargaro, KTM sempat menempel catatan waktu juara dunia 2019 meski akhirnya melorot ke posisi 8. 

Mendapatkan hasil positip, Pol memuji Dani Pedrosa yang sejak pensiun tahun 2018 didaulat menjadi test rider KTM. Pada musim 2019, KTM menurunkan 4 pembalapnya. Pol Espargaro dan Johann Zarco di tim utama serta Hafizh Syahrin dan Miguel Oliviera di tim satelit. Zarco yang mundur di pertengahan musim digantikan oleh test rider Red Bull KTM, Mika Kallio. Di akhir musim 2019, tim Austria ini menempatkan Pol Espargaro di posisi ke-11 klasemen pembalap.

Hasil positip juga didapatkan tim Suzuki. Musim depan, tak ada perubahan susunan pembalap di tim Hamamatsu. Masih mengandalkan duet pembalap Spanyol, Alex Rins yang didampingi Joan Mir untuk menggeber GSX-RR versi 2020. 

Duel antara pembalap KTM, Pol Espargaro dan mantan rekan satu timnya yang mengendarai Honda, Johann Zarco di Australia | Foto Motogp.com
Duel antara pembalap KTM, Pol Espargaro dan mantan rekan satu timnya yang mengendarai Honda, Johann Zarco di Australia | Foto Motogp.com
Mengenai mesin baru, Rins dan Mir memberikan tanggapan positipnya meski sang manajer teknis, Ken Kawauchi mengatakan masih ada potensi GSX-RR yang akan digali hingga 100%. 

"Dengan spesifikasi mesin 2020, Rins dan Mir sudah mendapatkan kepuasan 80 persen dibandingkan mesin 2019," ujar Kawauchi. Dan satu sektor yang harus diperbaiki Suzuki agar kans menang di tiap sirkuit makin besar adalah top speed. Masalah klasik buat Suzuki. 

Lunturnya Pesona Motogp 

Secara keseluruhan musim, Motogp 2019 terkesan tak begitu menarik. Dominasi Marc Marquezlah yang menjadi penyebabnya. 

Tahun ini pembalap berjuluk the Baby Alien itu memang luar biasa. Memecahkan rekor poin tertinggi (420) yang sebelumnya dipegang Jorge Lorenzo (385), dia menapak di podium 1 sebanyak 12 kali dari 19 seri yang dihelat. Hanya 1 kali dia gagal menyelesaikan lomba saat jatuh di Circuit of America (COTA) Amerika Serikat. Selebihnya menjadi juara dan podium ke-2. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x