Mohon tunggu...
masikun
masikun Mohon Tunggu... Petani - Mahasiswa

Mahasiswa Pertanian

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

28 Pertanyaan

21 Januari 2021   19:53 Diperbarui: 21 Januari 2021   20:01 73
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Analisis Diri untuk Inventarisasi Pribadi

  • Sudahkah saya mencapai cita-cita yang saya tetapkan sebagai tujuan saya tahun ini?
  • Sudahkah saya memberikan jasa dengan kualitas terbaik yang dapat saya berikan atau apakah seharusnya saya dapat meningkatkan kualitas jasa tersebut?
  • Sudahkah saya memberikan jasa sebanyak yang dapat saya berikan?
  • Sudahkah semangat kerja saya selaras dan kooperatif setiap waktu?
  • Apakah saya telah membiarkan kebiasaan menunda pekerjaan menurunkan efisiensi saya, dan jika iya, sampai di mana?
  • Sudahkah saya memperbaiki kepribadian saya, dan jika iya, dalam hal apa?
  • Sudahkah saya gigih mengikuti rencana-rencana saya sampai selesai?
  • Sudahkah saya mengambil keputusan secara cepat dan pasto dalam semua hal?
  • Apakah saya telah membiarkan satu jenis ketakutan dasar atau lebih menurunkan efisiensi saya?
  • Apakah selama ini saya "terlalu khawatir" atau "terlalu meremehkan"?
  • Apakah selama ini relasi saya dengan rekan kerja menyenangkan atau tidak? Jika tidak menyenangkan, apakah kesalahan, sebagian atau seluruhnya, ada pada saya?
  • Apakah selama ini saya membuang energi karena kurang terfokus dalam berusaha?
  • Apakah selama ini saya berpikiran terbuka dan toleran dalam segala hal?
  • Dalam hal apa kemampuan saya memberikan jasa meningkat?
  • Apakah selama ini saya berlebihan dalam salah satu kebiasaan saya?
  • Apalah selama ini, baik secara terbuka atau diam-diam, saya menunjukkan egoisme?
  • Apakah selama ini sikap saya terhadap rekan-rekan saya sedemikian rupa sehingga mendorong mereka hormat  kepada saya?
  • Apakah selama ini opii dan keputusan saya diambil dengan menebak-nebak, atau dengan akurasi analisis atau pikiran?
  • Sudahkah saya menjalankan kebiasaan menganggarkan waktu, pengeluaran, dan penghasilan saya, dan apakah selama ini cukup ketat dalam anggaran-anggaran tersebut?
  • Berapa waktu yang sudah saya habiskan untuk usaha tidak menguntungkan yang sebenarnya dapat saya gunakan untuk mendapat keuntungan yang lebih banyak?
  • Bagaimana cara saya menganggarkan kembali waktu saya, dan mengubah kebiasaan saya agar lebih efisien tahun depan?
  • Apakah saya bersalah atas tindakan yang tidak disetujui nurani saya?
  • Dalam hal apa saya telah memberikan layanan yang lebih banyak dan lebih baik dibanding uang yang saya terima?
  • Apakah saya telah berlaku tidak adil terhadap seseorang, dan jika iya, dalam hal apa?
  • Andai saya pembeli jasa saya sendiri tahun ini, akankah saya puas dengan pembelian jasa saya?
  • Apakah saya bekerja di bidang yang tepat, jika tidak, kenapa tidak?
  • Apakah pembeli jasa saya puas dengan layanan yang telah saya berikan, jika tidak, mengapa tidak?
  • Berapa nilai saya sekarang untuk asas-asas dasar keberhasilan?

Think and Grow Rich, Napolen Hill

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun