Sejak pemerintah menginstruksikan dan menghimbau kepada masyarakat untuk menjaga jarak antar orang (physical distancing serta membatasi kegiatan atau aktifitas sehari-hari diluar rumah dalam situasi pandemi covid-19 sekarang ini, sebagian besar masyarakat Indonesia memanfaatkan teknologi untuk melakukan jual-beli atau transaksi perdagangan.
Hal ini dimanfaatkan oleh sebagian masyarakat yang patuh oleh himbauan pemerintah, selain itu pula masyarakat yang takut atas penyebaran covid-19 ini. Belakangan ini platform e-commerce atau Online shop yang berskala besar maupun UMKM sedang ramai oleh pembelinya. Dalam faktanya dari pembeli banyak yang mengorder/membeli pada pangan dan sandang, contohnya pembelian makanan/minuman dan pakaian.
Banyak platform e-commerce yang ramai dikunjungi, namun paling banyak di gandrungi oleh masyarakat Indonesia adalah melalui Sosmed-sosmed seperti Facebook, WA dan Instagram yang lebih mudah dan dipahami oleh masyarakat Indonesia untuk membeli kebutuhan sehari-hari.
Dampak dari pandemi covid-19 mempengaruhi juga atas peningkatan kegiatan jual-beli di Online Shop, karena menurut masyarakat lebih praktis dan mudan dalam pemesanan dan pengiriman agar tidak memerlukan keluar rumah untuk membelinya di suatu tempat.
KBC-55