Mohon tunggu...
Mas Gagah
Mas Gagah Mohon Tunggu... Dosen - (Lelaki Penunggu Subuh)

Anak Buruh Tani "Ngelmu Sampai Mati"

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Artikel Utama

Kisah tentang Taman Bacaan yang Terlupakan

19 November 2018   20:52 Diperbarui: 23 November 2018   09:15 1066
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilustrasi: nasional.kompas.com

Taman Bacaan Berdebu di Pojok Sebuah Kelurahan

Saya tidak akan pernah berhenti menuliskan tentang membaca atau buku. Mungkin hanya ini sesuatu yang dapat saya tuliskan, tentang buku dan membaca. Bisa jadi tulisan ini tidak menarik sebab terlalu sering dituliskan.

Mengutip laporan kompas.com, rata-rata orang Indonesia hanya membaca buku 3-4 kali per minggu, dengan durasi waktu membaca per hari rata-rata 30-59 menit. Kondisi itu semakin memprihatinkan bahwa jumlah buku yang ditamatkan per tahun rata-rata hanya 5-9 buku. 

Kemudian, jika merujuk dari study "Most Literred Nation in the world 2016", minat baca di Indonesia menduduki peringkat 60 dari 61 negara. (https://republika.co.id)

Tamaan Bacaan di Kantor Kelurahan Pela Mampang Jakarta Selatan (Dokumen Pribadi)
Tamaan Bacaan di Kantor Kelurahan Pela Mampang Jakarta Selatan (Dokumen Pribadi)

Suatu pagi menjelang siang saya pergi ke sebuah kelurahan kawasan Pela Mampang Jakarta Selatan. Biasanya saya meminta bantuan orang lain untuk mengurus administrasi kependudukan. Saya agak tidak suka berurusan dengan kegiatan administrasi.

Terpaksa pagi menjelang siang itu saya naik Grab ke kelurahan Pela Mampang. Saya harus segera mengurus perpindahan kependudukan dari Yogyakarta ke Mampang Prapatan. Sesampai di kantor kelurahan Pela Mampang saya melihat beberapa orang memegang gadget masing-masing.

Mereka sibuk dengan gadgetnya hingga melupakan bahwa di samping mereka ada orang lain. Riuh media sosial menjadikan orang-orang hidup pada ruang simulacra. Beberapa menit saya juga terpaksa memegang gadget. Sekedar membaca pesan Whatsapp atau membuka berita di media online.

Jenuh bermain gadget, mata saya melihat sebuah ruangan kecil. Tempat tersebut berada di samping pintu masuk. Sepertinya ruangan itu memang d lupakan. Di sana hanya ada debu-debu yang membuat hidung menjadi bersin.

Saya mendekat kemudian membaca sebuah papan "Taman Bacaan". Mata saya melotot, tetapi bukan pada tulisan itu. Tetapi pad rak-rak yang kosong seakan menangis tanpa penghuni.

Kondisi Tamaan Bacaan di Kantor Keluarahan Pela Mampang Jakarta Selatan. Rak-rakanya nampak tidak terawat dan penuh debu. Hanya ada sedikit buku di Taman Bacaan tersebut.
Kondisi Tamaan Bacaan di Kantor Keluarahan Pela Mampang Jakarta Selatan. Rak-rakanya nampak tidak terawat dan penuh debu. Hanya ada sedikit buku di Taman Bacaan tersebut.
"Beginikah perhatian pemerintah pada Taman Bacaan?" Perasaan saya menjadi dongkol. Menarik nafas panjang dengan tatapan mata kosong.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun