Mohon tunggu...
Mas FrillianGerry
Mas FrillianGerry Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa UNDIP

Teknik Mesin

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Mahasiswa KKN UNDIP Menciptakan Hand Sanitizer Automatic

28 November 2021   04:09 Diperbarui: 28 November 2021   06:06 77 0 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Hand Sanitizer Automatic

Desa Jetis (24/11), program percepatan vaksinasi COVID-19 di RT 01 RW 03 Kelurahan Jetis, Kabupaten Blora, Mahasiswa KKN Tematik Vaksinasi UNDIP x UNICEF menciptakan Hand Sanitizer Automatic bagi warga RT 01 RW 03 Kelurahan Jetis Kabupaten Blora. Penggunaan Hand Sanitizer di tempat umum memungkinkan terjadinya kontak fisik antar pengguna sehingga diperlukan cara untuk mengurangi kontak fisik tersebut. Cara yang bisa diterapkan adalah dengan menggunakan Hand Sanitizer Automatic dan tentunya pembuatan alat ini sebagai upaya pencegahan penyebaran Covid-19.

Proses pembuatan diawali dengan membuat sketsa Hand Sanitizer Automatic menggunakan Solidwork. Kemudian pengadaan bahan-bahan yang dibutuhkan tidaklah banyak, hanya membutuhkan sensor IR Proximity, pump DC 5V, Arduino Uno, transistor Tipe 32C, resistor 1K ohm, baterai holder/adaptor, solder, selang kecil dan wadah tempat Hand Sanitizernya.

Alat ini praktis dan mudah digunakan, dengan hanya menempatkan tangan dibawah selang Hand Sanitizer, kemudian sensor akan memberikan perintah untuk menekan pump kebawah dan mendorong ujung botol hand sanitizer sehingga mengeluarkan cairan dengan jumlah yang dapat disesuaikan.

“Masyarakat desa Jetis banyak yang lengah dengan prokes 5M, terutama cuci tangan yang benar serta minimnya penggunaan Hand Sanitizer. Dengan adanya kegiatan penyuluhan ini masyarakat menjadi mengetahui penerapan 5M dengan benar, terutama cara mencuci tangan yang benar, cara menggunakan Hand Sanitizer yang tepat, dan perilaku hidup bersih dan sehat sebagai upaya pencegahan COVID-19 sehingga membawa manfaat besar bagi masyarakat RT 01 RW 03 Kelurahan Jetis dan semoga pandemi cepat berakhir dan Indonesia dapat memenangi peperangan dalam melawan COVID-19.” imbuhnya.

Kegiatan sosialisasi ini dilakukan dengan pemasangan Hand Sanitizer Automatic di tempat berkumpulnya warga RT 01 RW 03 yaitu di Musholla Al- Istiqomah dengan tetap menerapkan protokol kesehatan dengan ketat seperti menggunakan masker, menjaga jarak, dan tidak berkerumun.

Sosialisasi Penggunaan Hand Sanitizer Automatic dengan Media Sosial
Sosialisasi Penggunaan Hand Sanitizer Automatic dengan Media Sosial

Warga RT 01 RW 03 Kelurahan Jetis sangat menerima dengan baik terhadap kegiatan sosialisasi tersebut, Ketua RT 01 Jetis sangat berterima kasih terhadap kegiatan yang telah dilaksanakan oleh mahasiswa KKN UNDIP dan berharap semoga kedepannya masyarakat dapat menerapkannya dengan baik sehingga pandemi cepat berakhir.

Ujarnya, Sabtu (20/11)

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan