Mohon tunggu...
WongNdeso
WongNdeso Mohon Tunggu... Administrasi - ASN

Seorang ASN di PEMKO MEDAN yang Hoby menulis, membaca dan bermusik. Anggota dari PPPSU (Perkumpulan Penulis dan Pendidik) Sumatera Utara . Saat ini masih terus belajar

Selanjutnya

Tutup

Sosbud Pilihan

Citayam Fashion Week dan Perlawanan Anak Muda Marginal

26 Juli 2022   18:29 Diperbarui: 26 Juli 2022   18:42 473 8 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

Saat ini dunia jagad maya kita, bahkan fashion nyata dikagetkan dengan ajang yang disebut citayam fashion week

Dunia lenggak lenggok ini diawali dari para anak muda daerah pinggiran penyangga ibukota yang nota bene anak anak muda kelas menengah ke bawah yang jauh dari gemerlap gaya hidup anak anak muda berada.

Fenomena lahirnya citayam fashion week tidak lepas dari terkoneksinya jalur kereta api Sudirman-citayam-Bogor-Depok (ScBD). Akses kereta api ini membuka mobilitas anak anak muda penghuni kota penyangga ibu kota lebih mudah. 

Para anak muda, khususnya yang dari citayam sering 'Hang Out ' melepas kepenatan dengan nongkrong dan duduk di sekitar daerah Dukuh Atas Jakarta.

Stasiun citayam terkadang disebut Stasiun citayem merupakan stasiun kereta api yang terletak tepat di perbatasan antara Kelurahan Bojong pondok Terong , kecamatan cipayung Kota Depok. 

dengan Kelurahan Parbuaran Kecamatan Bojonggede Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Stasiun yang terletak di ketinggian +120 meter ini hanya melayani KRL commuter Line.

 Secara administratif Stasiun citayam masuk kedalam wilayah RW 11 Kelurahan Parbuaran Kecamatan Bojonggede Kabupaten Bogor. 

citayam sendiri sudah ada sejak zaman Belanda. Dahulu daerah ini merupakan daerah perkebunan  dan persawahan dengan satu situ (danau kecil ) yang menjadi sumber air bagi daerah citayam. 

Kemudian dengan perkembangan Ibukota, daerah ini kemudian dilintasi jalur kereta api yang mengubah daerah ini menjadi pemukiman padat tetapi dengan masyarakatnya yang marginal. Kebun dan sawah menjadi rumah penduduk yang sebagian berasal penduduk Jakarta yang tergusur dari Jakarta. 

Saat ini citayam mendadak menjadi viral di dunia maya juga di dunia nyata. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Sosbud Selengkapnya
Lihat Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan