Mohon tunggu...
daryo susmanto
daryo susmanto Mohon Tunggu... Guru

jangan berhenti belajar

Selanjutnya

Tutup

Humaniora

HUT PMI, PMI Kota Cirebon Berbagi Souvenir

16 September 2019   17:45 Diperbarui: 17 September 2019   05:38 0 0 0 Mohon Tunggu...
HUT PMI, PMI Kota Cirebon Berbagi Souvenir
Kantor PMI Kota Cirebon. Dokumen PMI Kota Cirebon

Palang Merah Indonesia (PMI) pada tanggal 17 September 2019 genap berusia 74 tahun. Usia yang sama dengan lahirnya Negara Kesatuan Republik Indonesia, tepatnya satu bulan kemudiann. Berbagai kegiatan tentunya diagendakan oleh PMI, termasuk PMI Kota Cirebon.

PMI Kota Cirebon tidak menyiakan momentum hari ulang tahunnya begitu saja. Dengan jargon Kita Tangguh Kita Bisa, Unit Donor Darah melalui P2D2S (Pencarian dan Pelestarian Donor Darah Sukarela) melakukan program berbagi Mug dan Pin berlogo PMI.

Untuk mendapatkan mug atau pin tentu ada syaratnya. Bagi 100 pendonor pertama di gedung atau kantor PMI Kota Cirebon dan sudah lebih dari 10 kali donor ia berhak mendapat bingkisan tambahan berupa mug. Bagi 200 pendonor pertama yang dilakukan di gedung PMI dan masih di bawah 10 kali, berhak mendapatkan pin.

Dokumentasi PMI Cirebon
Dokumentasi PMI Cirebon

Tujuannya di antaranya sebagai berikut. 

1. Untuk memperingati HUT PMI ke-74
2. Untuk memotivasi dan sebagai bentuk apresiasi kepada Pendonor Darah sukarela untuk terus mendonorkan darahnya secara berkelanjutan setiap 3 bulan sekali.
Hal itu disampaikan oleh staff P2D2S Ismail Saleh, SH. dan dibenarkan oleh Kepala Unit Donor Darah PMI Kota Cirebon, dr. Sugianto Suhana, M.Kes.

Kapan mug atau pin ini bisa diperoleh? Souvenir ini dapat diperoleh pada tanggal 16-19 September 2019 bagi para pendonor yang memenuhi kriteria dan tentunya selama persediaan masih ada. 

Seorang pendonor sedang diambil darahnya. Dokumen Penulis
Seorang pendonor sedang diambil darahnya. Dokumen Penulis

Mau mendapatkan souvenir tersebut? Segera datang dan donor darah ke PMI Unit Kota Cirebon. Namun, hal yang perlu diingat bahwa itu hanya souvenir semata, ada nilai yang tak bisa terukur yaitu ketulusan dan keikhlasan dalam berdonor darah. Setetes darah kita sangat berarti bagi saudara kita yang membutuhkan.

Selain agenda tersebut, PMI Kota Cirebon juga memiliki agenda lainnya, yaitu: Apel pada tanggal 26 September 2019 dengan acara di antaranya.
1. Penyerahan Cincin kepada 3 DDS (Donor Darah Sukarela) 100 kali dari Presiden tahun 2018.
2. Penyerahan piagam dari Walikota kepada 4 DDS 100 kali yang akan berangkt bertemu Presiden, jumlah seluruhnya 6 orang untuk DDS 2019, yang 2 orang sudah mendapatkan piagam dari walikota tahun 2018.
3. Pemanggilan donor darah rhesus negatif 8 pendonor, pemanggilan ini akan dilaksanakan secara berkala setiap tahunnya. Adapun tempat apelnya di Balaikota Cirebon.

VIDEO PILIHAN