Mohon tunggu...
daryo susmanto
daryo susmanto Mohon Tunggu... Guru

jangan berhenti belajar

Selanjutnya

Tutup

Hobi

Gowes D'Tadarus Kunjungi Pesantren

4 Agustus 2019   18:30 Diperbarui: 4 Agustus 2019   20:43 0 1 1 Mohon Tunggu...
Gowes D'Tadarus Kunjungi Pesantren
Peserta gowes to pesantren. Foto: Dokumen penulis.

Ini adalah kali kedua penulis mengikuti gowes D'Tadarus warga RW 11 Bumi Kalijaga Permai, Kota Cirebon. Gowes yang diikuti oleh sebagian besar para purnabakti ini sebagai bagian dari cara mereka untuk mengisi waktu. D'Tadarus sendiri merupakan komunitas dengan aktivitas membaca dan belajar Al-Qur'an. Dengan jadwal rutin sehabis Isya dengan bergilir tempat dari satu rumah anggota ke rumah anggota lainnya.

Gowes kali ini dengan rute menuju ke salah satu pesantren di lokasi yang terbilang unik. Pesantren Benda Kerep namanya. Pesantren ini terletak di Dusun Benda Kerep atau di kenal juga dengan Lebak Ngok, Kelurahan Argasunya, Kecamatan Harjamukti, Kota Cirebon. 

Di dusun Benda ini, kendaraan dilarang masuk, termasuk sepeda, karena itu sepeda diparkir di luar dusun. Selain itu, warga juga tidak diperkenankan memiliki televisi. Untuk msmasuki wilayah itu kita harus menyeberang sungai terlebih dulu.

Gerbang masuk Benda Kerep. Foto : Dokumen Penulis
Gerbang masuk Benda Kerep. Foto : Dokumen Penulis

Tujuan dari kegiatan gowes ini selain untuk menjaga kesehatan juga untuk selalu menjaga silaturahim antarsesama anggota sehingga selalu kompak dan guyub. Gowes ini juga kerap disebut gowes religi karena setiap rute yang dituju akan selalu mampir ke masjid untuk melakukan shalat duha. 

Selepas shalat duha, peserta gowes bercengkerama dengan beberapa santri dan pengurus pesantren. Selanjutnya perjalanan pun kami lanjutkan, pulang.

Peserta gowes pulang melalui rute yang berbeda dengan rute berangkat. Foto: Dokumen penulis.
Peserta gowes pulang melalui rute yang berbeda dengan rute berangkat. Foto: Dokumen penulis.