Mohon tunggu...
daryo susmanto
daryo susmanto Mohon Tunggu... Pembelajar

jangan berhenti belajar

Selanjutnya

Tutup

Sosbud

Asah Kompetensi Guru IPS

30 Juni 2019   08:25 Diperbarui: 30 Juni 2019   08:30 70 1 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Asah Kompetensi Guru IPS
Foto dokumentasi penulis

Guru-guru IPS yang tergabung dalam Fogipsi (Forum Guru IPS Seluruh Indonesia) pada Senin-Selasa, 24-25 Juni 2019 telah mengadakan kegiatan berupa Training of Trainer Praktik Pembuatan Media Pembelajaran 4.0 dan 5.0 di Pusat Belajar Guru (PBG) Kudus, Jawa Tengah.

Kegiatan ini diikuti oleh sekira 40 peserta yang mewakili dari berbagai wilayah se Indonesia. Dari Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam sampai Provinsi Papua ikut hadir dalam kegiatan ini, sekaligus menggambarkan keragaman berbagai suku, budaya, dan agama.

Foto dokumentasi FOGIPSI
Foto dokumentasi FOGIPSI

Target dari kegiatan ini adalah untuk meningkatkan kapasitas atau kompetensi para guru IPS atau pengurus Fogipsi dalam mengembangkan media pembelajaran sehingga mampu menyesuakan dengan perkembangan saat ini yang kerap dikaitkan dengan Revolusi Industri ke-4. Dengan demikian guru tidak tertinggal dengan perkembangan yang sudah begitu melekat dengan peserta didik. 

Target selanjutnya adalah dengan kemampuan yang sudah dimiliki guru peserta TOT, para pesrta ini akan menularkannya melalui kegiatan-kegiatan di wilayahnya masing-masing. Hal ini dibenarkan oleh Eni Kuswati, M.Pd. selaku Ketua Umum Fogipsi. "Sebagai guru kita jangan sampai tertinggal dengan anak-anak. Kita jangan melulu melakukan pembelajaran yang bersifat konvensional. Bisa jadi anak diam, tetapi diam mereka tidak memperhatikan atau ketakutan,"Imbuhnya.

Kegiatan yang dibuka oleh Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga Kudus ini berjalan santai tetapi sampai sehingga mudah diserap para peserta. Kegiatan ini akan berlanjut di berbagai wilayah bergantung kesiapan wilayah masing-masing. (DS-)

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x