Mohon tunggu...
Bayu Ramadhani Fajri
Bayu Ramadhani Fajri Mohon Tunggu... Lecturer & Digital Media Enthusiast

I am a lecturer at Universitas Negeri Padang since July 2018. Previously I worked at SEAMEO SEAMOLEC (Southeast Asian Ministers of Education Organization Regional Open Learning Centre) in IT Contents and Knowledge Management division. My area of interest and development are Animations, Virtual Environment, Augmented Reality, Virtual Reality, Edugame Development, Interactive Media, Simulation, Programming and E-Learning.

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Tim PPUPIK UNP Sosialisasikan Perangkat Mini Server untuk Pembelajaran Digital

9 Desember 2019   22:14 Diperbarui: 9 Desember 2019   22:26 39 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Tim PPUPIK UNP Sosialisasikan Perangkat Mini Server untuk Pembelajaran Digital
Sosialisasi Mini Server Lentera di Kota Bukittinggi

Kegiatan Pengabdian  Masyarakat skema PPUPIK  ini merupakan salah satu bentuk aplikasi Tridharma Perguruan Tinggi poin ke tiga mengenai Pengabdian pada Masyarakat. Kali ini, tim PPUPIK Universitas Negeri Padang mensosialisasikan perangkat inovasi mini server LENTERA (Learning Material Resources for Remote Areas). 

Kegiatan ini berupa seminar dan workshop pelatihan bagi guru-guru Sekolah 3T di Sumatera Barat. Berdasarkan kesepakatan dengan tim pelaksana, maka ketiga kegiatan tersebut dilaksanakan dalam beberapa kegiatan di daerah 3T Sumatera Barat. 

Kegiatan Pengabdian  ini dimulai dengan melakukan observasi daerah-daerah yang memiliki kategori 3 T di bidang pendidikan di sumatera Barat. Sebagian data didapat dari Badan pusat statistik dan sebagian lagi didapat dengan cara wawancara dengan pejabat dinas pendidikan di daerah. Kegiatan ini direncanakan mulai dari bulan April dan dilaksanakan bulan Agustus, September dan Oktober 2019.

Kegiatan ini dilaksanakan di 3 tempat, yaitu Kota Bukittinggi, Kab. Dharmasraya dan Kab. Mentawai.

Kegiatan pertama dilaksanakan pada 8 Agustus 2019, bertempat di SDN 02 Percontohan Bukittinggi. Sosialisasi ini bertujuan untuk memberikan keterampilan khusus guru menggunakan alat mini server LENTERA dan menggunakan aplikasi mobile learning sebagai hak akses guru untuk mengisi konten pembelajaran yang akan digunakan oleh guru-guru untuk diterapkan di sekolahnya masing-masing.

 

 

Kegiatan selanjutnya dilaksanakan pada 12-15 Agustus 2019, bertempat di lingkungan Dinas Pendidikan Kota Dharmasraya. Pelatihan ini bertujuan untuk memberikan keterampilan khusus guru menggunakan alat mini server LENTERA dan menggunakan aplikasi mobile learning sebagai hak akses guru untuk mengisi konten pembelajaran yang akan digunakan oleh guru-guru untuk diterapkan di sekolahnya masing-masing

 

​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​Kegiatan yang sama selanjutnya dilaksanakan pada 3-5 September 2019, bertempat di lingkungan SMAN 01 Siberut Utara.

 

Sosialisasi Mini Server LENTERA di Kab. Mentawai
Sosialisasi Mini Server LENTERA di Kab. Mentawai

VIDEO PILIHAN