Mohon tunggu...
mas into
mas into Mohon Tunggu...

Selanjutnya

Tutup

Sosbud

Berburu Oleh-oleh di Kota Garut

13 Desember 2015   16:47 Diperbarui: 18 Desember 2015   13:20 87 0 0 Mohon Tunggu...

[caption caption="Kota Garut"][/caption]

Berbicara tentang Garut memang tidak ada habisnya. Banyak hal yang bisa diceritakan, mulai dari panorama alam yang menakjubkan, penduduknya yang ramah serta mojangnya yang cantik-cantik. Kota yang berada di selatan Jawa Barat ini terkenal dengan makanan khasnya dodol garut. Selain dodol, Kota Garut juga terkenal dengan kerajinan dari kulit domba yang sudah masyur sampai ke pelosok negeri.

Panorama alam yang sangat indah Kota Garut juga menjadi daya tarik untuk datang ke Kota yang terkenal dengan panganan dodol ini. Sebut saja Gunung Papandayan yang banyak dikunjungi oleh wisatawan. Selain itu ada pemandian air panas Cipanas, dan juga arum jeram Cimanuk.

Ketika datang ke kota ini sempatkan untuk berbelanja aneka kerajinan dari kulit domba di Jl. Sukaregang. Yups, di jalan ini kamu bisa menemukan ruko di sepanjang jalan yang menawarkan kerajinan dari kulit domba. Salah satu hasil kerajinan yang banyak dicari adalah jaket kulit garut. Jaket kulit hasil dari pengrajin kulit di Garut sudah terkenal di Indonesia. Bahkan jaket kulit dari garut sampai di ekspor ke berbagai negara. Bila kamu tidak memiliki cukup dana bisa juga membeli jaket semi kulit yang menjadi replika dari jaket kulit. Secara tapilan jaket ini tidak jauh berbeda dengan jaket kulit pada umumnya. Hanya saja serat kainnya sedikit lebih kasar bila dibandingan dengan jaket dari bahan kulit domba.

Puas berbelanja jaket kulit, jangan lupa untuk mampir ke toko oleh-oleh makanan khas Garut. Ada banyak makanan khas garut yang bisa kamu jadikan buah tangan untuk keluarga di rumah. Salah satu panganan yang paling terkenal dari Garut apalagi kalau bukan dodol Garut. Jika bosan dengan rasa dodol yang biasa-biasa saja kamu mungkin bisa mencoba Chocodot. Perpaduan antara cokelat dan dodol ini menjadi panganan yang banyak dicari di kota ini.

Satu lagi makanan yang tidak boleh kamu lewatkan ketika berkunjung di Kota Garut, yakni Dorokdok dan Kerupuk Kulit. Banykanya pengrajin kulit di garut menyisakan beberapa limbah kulit dalam jumlah banyak. Limbah tersebutlah yang kemudian dimanfaatkan dan diolah menjadi panganan yang lezat.

Dorokdok dibuat dari kulit sapi pilihan yang diolah dengan rempah-rempah khas Jawa Barat dengan rasa yang tiada duanya. Sedangkan kerupuk kulit biasanya terbuat dari kulit kerbau. Biasanya tampilan dorokdok terlihat lebih gelap dibanding dengan kerupuk kulit. Sedangkan kerupuk kulit, selain bentuknya yang lebih padat, warnanya juga cenderung lebih putih

Oleh-oleh terakhir yang bisa dijadikan cendera mata adalah batik garut. Batik Garut / Batik Garutan memiliki keistimewaan motif khas yang memang dipengaruhi oleh kekayaan budaya di Kabupaten Garut, Jawa Barat. Motif batik Garut antara lain Merak Ngibing, Limar Eneng Segi Dodol, Kembang dan Kalajengking, Lereng Kecil, Parang, Rotan Matahari.

VIDEO PILIHAN