Mohon tunggu...
Maryati
Maryati Mohon Tunggu... Selalu optimis dan menebar kebaikan

Ibu dari 4 orang anak, sebagai sinden dan pemandu "Upacara Adat Sunda" di Kepri. Pernah menjadi guru les/privat di rumah sendiri.

Selanjutnya

Tutup

Sosbud

Seni Tradisi Melekat di Hati

26 November 2020   22:31 Diperbarui: 30 November 2020   23:48 36 2 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Seni Tradisi Melekat di Hati
img-20201023-121702-jpg-5fc52231d541df703c1646a2.jpg


Oleh Maryati

img-20201025-134317-5fc521bb8ede4875ec39e722.jpg
img-20201025-134317-5fc521bb8ede4875ec39e722.jpg
 


Awal kecintaanku pada seni tradisional bermula dari ada acara hiburan khitanan anakku yang laki-laki di rumah. Setelah sebulan kemudian barulah aku gabung bersama mereka dengan nama grupnya "Paguyuban Baraya Sunda" Kota Batam. Selama kurang lebih tujuh tahun aku masih bergabung sama grup lingkung seni itu. Lingkung seni yang mengedepankan seni tradisional.

Seni tradisi harus tetap dipertahankan, dan dilestarikan meskipun kita berada di perantauan. Karena seni tradisi merupakan warisan nenek moyang kita yang tidak boleh punah.

Seiring dan berjalannya waktu,  seni tradisional atau kesenian daerah sekarang ini hampir punah dan bahkan terkalahkan oleh  kesenian modern.

Boleh-boleh saja orang mencintai seni modern dan boleh saja orang melupakan sejarah warisan nenek moyang tentang seni tradisional. Tapi bagiku seni tradisional adalah seni yang selalu melekat dihati untuk dinikmati dan diminati.

Bukan hanya dinikmati dan diminati saja seni tradisional itu, akan tetapi bagi pencinta seni, alangkah baiknya jika memahami dan mengetahui, "apa Itu seni tradisional?"

Seni adalah keahlian membuat karya yang bermutu baik berupa, lukisan, tarian maupun suara. Tradisional adalah aksi dan tingkah laku yang keluar alamiah karena kebutuhan dari nenek moyang yang terdahulu. Jadi, seni tradisional adalah unsur kesenian yang menjadi bagian hidup masyarakat dalam suatu kaum/puak/suku/bangsa tertentu.

Selain memahami pengertiannya, kita juga harus mengetahui manfaatnya. Sebab dengan melestarikan seni tradisional kita akan mendapatkan banyak  manfaat. Adapun manfaat seni tradisional antara lain:

1. Menjadi sarana dalam mengungkapkan perasaan dan tidak lepas dari adat istiadat
2. Menjadi sarana pelengkap aktivitas agama
3. Menjadi pengingat suatu peristiwa penting
4. Menjadi sarana pembeda antara satu daerah dengan daerah lain
5. Menjadi ikon budaya bangsa

Bangsa Indonesia merupakan bangsa yang kaya akan sumber daya alam, seni dan budaya. Begitu juga dengan seni yang memiliki banyak jenis alat musik yang berbeda pada setiap daerahnya di Indonesia. Aku di sini hanya bisa mempromosikan atau memperkenalkan jenis-jenis alat musik  satu daerah saja yaitu khusus Jawa Barat.

"Mengapa  harus Jawa Barat? " karena aku sendiri berasal dari daerah Jawa Barat, lebih tepatnya dari Bandung. Seni tradisi yang aku geluti saat ini adalah kesenian tradisional sunda, yang pastinya menggunakan alat-alat seni tradisi sunda.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x