Mohon tunggu...
Marwan Maulana Yusuf
Marwan Maulana Yusuf Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Prodi Bimbingan dan Konseling - Universitas Pendidikan Indonesia

Mahasiswa Prodi Bimbingan dan Konseling - Universitas Pendidikan Indonesia

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Tekno Pilihan

KKN Tematik UPI 2022, Mental Health: Make It A Priority

8 Agustus 2022   13:26 Diperbarui: 8 Agustus 2022   13:41 362 2 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

Kuliah Kerja Nyata atau yang biasa kita sebut KKN adalah kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang dilakukan oleh mahasiswa baik individu maupun kelompok pada daerah tertenu dengan jangka waktu tertentu. KKN merupakan bentuk implementasi dari Tri Dharma Perguruan Tinggi, yaitu Pendidikan dan Pengajaran, Penelitian dan Pengembangan, dan Pengabdian Kepada Masyarakat. 

KKN Tematik UPI 2020 mengangkat tema besar "Pemberdayaan Masyarakat Berbasis SDG's Desa dan MBKM" yang dilaksanakan di daerah domisili mahasiswa mulai 11 Juli 2022 sampai 10 Agustus 2022.

Dalam artikel ini, akan dibahas mengenai pelaksanaan KKN di Desa Cisurupan, Kecamatan Cisurupan, Kabupaten Garut. Desa Cisurupan merupakan desa yang sangat berkembang dengan kemudahan akses pada berbagai hal, misalnya lapangan olahraga, pasar, fasilitas kesehatan, kantor polisi, kantor KUA, sekolah (TK, SD, SMP, SMK), Bank, minimarket, dan masih banyak lagi. 

Meski demikian, alam di Desa Cisurupan masih cukup terjaga, masih sangat mudah menjumpai pepohonan, lahan pertanian, dan persawahan. Pemandangan pun tak kalah indah untuk dinikmati, di pagi hari kita bisa melihat sunrise dari balik Gunung Cikuray dan sore hari kita bisa melihat sunset di balik Gunung Papandayan.

Dokpri
Dokpri

Dokpri
Dokpri

KKN di Desa Cisurupan didasarkan pada tema kelompok kecil "Desa Sehat dan Sejahtera", yang mana lebih dikerucutkan lagi pada kesehatan mental. 

Oleh karena itu, program KKN di Desa Cisurupan diberi judul "Mental Health: Make it a Priority" dengan tujuan untuk menyadarkan masyarakat pentingnya menjaga kesehatan mental dan mengajar masyarakat untuk menjadikan kesehatan mental sebagai salah satu prioritas dalam hidup.

Terdapat beberapa kegiatan dalam program KKN ini, yaitu 1) pendataan kesehatan mental, 2) sosialisasi melalui media poster mengenai kepuasan hidup, kesepian, pengendalian emosi, dan bahaya self-diagnose, dan 3) memberikan layanan curhat online.

Sasaran utama dari program KKN di Desa Cisurupan adalah siswa SMK yang sedang berada pada masa remaja. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Lihat Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan